Putra Pendiri Negara Singapura Cari Suaka ke Inggris, Berikut 5 Pemicunya

Rabu, 23 Oktober 2024 - 17:40 WIB
loading...
Putra Pendiri Negara...
Lee Hsien Yang mencari suaka ke Inggris karena konflik keluarga. Foto/X/@Diplomat_APAC
A A A
SINGAPURA - Putra pendiri Singapura modern Lee Kuan Yew,Lee Hsien Yang, telah memperoleh suaka di Inggris setelah klaim penganiayaan di tengah perseteruan keluarga yang terkenal.

Lee Hsien Yang telah lama menuduh bahwa ia menghadapi penindasan di negara asalnya dari pemerintah Singapura yang dipimpin selama 20 tahun oleh saudaranya, Lee Hsien Loong.

Pemerintah membantah klaim tersebut dan mengatakan bahwa ia bebas untuk kembali.

Kedua pria tersebut adalah putra dari pemimpin yang dihormati Lee Kuan Yew yang meninggal pada tahun 2015. Sejak saat itu, kedua bersaudara tersebut telah terlibat dalam pertikaian selama bertahun-tahun atas rumah ayah mereka, yang telah berubah menjadi pertikaian keluarga yang sengit.

Putra Pendiri Negara Singapura Pilih Cari Suaka ke Inggris, Berikut 5 Pemicunya

1. Berstatus sebagai Pengungsi

Lee Hsien Yang menunjukkan kepada BBC beberapa dokumen termasuk surat yang menyatakan bahwa klaim suakanya berhasil. Surat tersebut juga menyatakan bahwa pemerintah Inggris telah memberinya "status pengungsi" selama lima tahun karena menerima bahwa ia memiliki "rasa takut yang beralasan akan penganiayaan dan karena itu tidak dapat kembali ke negaranya, Singapura".

Lee, yang tinggal di London, mengatakan bahwa istrinya juga telah diberikan suaka.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa "merupakan kebijakan pemerintah yang sudah lama bahwa kami tidak mengomentari kasus-kasus individual".

BBC telah secara independen mengonfirmasi status suaka Tuan Lee. Klaim-klaimnya yang lain sejalan dengan kebijakan suaka Kementerian Dalam Negeri.

"Semua yang dikatakan pemerintah Singapura sepenuhnya bersifat publik dan tentunya telah diperhitungkan ketika status pengungsi diberikan," kata Lee.

"Saya mencari perlindungan suaka sebagai pilihan terakhir. Saya tetap menjadi warga negara Singapura dan berharap suatu hari nanti akan aman untuk kembali ke rumah."

2. Berselisih dengan Saudara Kandungnya Mantan PM Singapura Lee Hsien Loong

Sebagai anggota dari apa yang telah dilihat sebagai "keluarga pertama" Singapura, dan mantan kepala perusahaan telekomunikasi terbesar di Singapura, Lee sangat berperan dalam pembentukan negara tersebut hingga ia berselisih dengan saudaranya.

Sejak itu ia telah bergabung dengan partai politik oposisi dan menjadi pengkritik vokal pemerintah Singapura, peran yang "sangat ingin" ia lanjutkan saat bermarkas di Inggris, katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0748 seconds (0.1#10.140)