4 Presiden Seumur Hidup di Dunia, dari Vladimir Putin hingga Paul Biya

Rabu, 23 Oktober 2024 - 18:05 WIB
loading...
4 Presiden Seumur Hidup...
Presiden Xi Jinping dari China dan Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal sebagai presiden seumur hidup. Foto/X/@YDunhai
A A A
JAKARTA - Presiden seumur hidup masih dianut di beberapa negara. Dengan memodifikasi aturan, maka seorang pemimpin bisa berkuasa seumur hidup.

Umumnya, presiden seumur hidup merupakan politikus yang kuat dengan dukungan militer yang solid. Mereka memimpin dengan visi dan misi yang jelas untuk membangun negara yang besar untuk mempengaruhi hegemoni Barat.

4 Presiden Seumur Hidup di Dunia, dari Vladimir Putin hingga Paul Biya

1. Presiden China Xi Jingping

China telah menyetujui penghapusan batasan dua periode jabatan presiden, yang secara efektif memungkinkan Xi Jinping untuk tetap berkuasa seumur hidup pada 2018 silam. Perubahan konstitusional disahkan oleh sidang tahunan parlemen, Kongres Rakyat Nasional.

Padahal, China telah memberlakukan batasan dua periode jabatan presiden sejak tahun 1990-an. Namun, Xi, yang seharusnya mengundurkan diri pada tahun 2023, menentang tradisi mengajukan calon pengganti selama Kongres Partai Komunis bulan Oktober.

Sebaliknya, ia mengonsolidasikan kekuatan politiknya saat partai memilih untuk mengabadikan nama dan ideologi politiknya dalam konstitusi partai - mengangkat statusnya ke tingkat pendirinya, Ketua Mao.

Melansir BBC, sekarang sulit untuk melihat Xi Jinping ditantang dengan cara apa pun. Ia telah mengumpulkan kekuatan yang belum pernah terlihat sejak Ketua Mao Zedong.

Konstitusi telah diubah untuk memungkinkan Xi Jinping tetap menjadi presiden lebih dari dua periode dan mereka tidak akan bersusah payah seperti ini jika itu bukan yang sebenarnya ingin dilakukannya.

Tidak ada perdebatan nasional mengenai apakah seorang pemimpin harus diizinkan untuk tetap menjabat selama yang mereka inginkan. Secara diam-diam tetapi pasti Xi Jinping telah mengubah cara negaranya diperintah, dengan dirinya sendiri benar-benar berada di intinya.

2. Presiden Rusia Vladimir Putin

Berkat suara kepercayaan yang luar biasa dari sekitar tiga perempat pemilih Rusia, Vladimir Putin sekarang dapat tetap menjadi presiden Rusia hingga tahun 2036. Ia akan berusia 84 tahun saat ia menyelesaikan masa jabatan kedua dari dua masa jabatan tambahan enam tahun yang diberikan pemilih Rusia kepadanya dalam referendum yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2020.

"Pada tahun 2036, Putin akan bertahan lebih lama dari setidaknya tiga presiden Amerika, dan minimal empat presiden jika Donald Trump tidak terpilih kembali tahun ini. Masa jabatannya — jika kita menghitung empat tahun sebagai perdana menteri, ketika ia menjadi kekuatan sesungguhnya di balik presiden saat itu Dmitry Medvedev — akan berjumlah hampir 37 tahun," kata Dov S. Zakheim adalah penasihat senior di Pusat Studi Strategis dan Internasional, dilansir The Hill.

Zakheim mengungkapkan, masa jabatan yang diperpanjang itu akan menjadikannya pemimpin Rusia (atau Soviet) yang menjabat paling lama sejak Peter yang Agung, yang potretnya menghiasi kantor Putin di Kremlin.

Tujuan Putin yang dinyatakan secara publik adalah mengembalikan kejayaan Rusia setidaknya seperti era Soviet. Meskipun ia tidak memiliki dorongan ideologis yang memacu Lenin, Stalin, dan para penerus mereka, Putin memiliki perhatian geopolitik yang sama yang memotivasi semua pendahulunya yang Komunis dan Tsar. Ia juga telah mengangkat taktik yang menjadi inti dari buku pedoman Soviet. Seperti yang diamati diplomat Amerika George Kennan dalam “Telegram Panjang dari Moskow” pada 22 Februari 1946, di awal Perang Dingin:

3. Presiden Belarusia Alexander Lukashenko

Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, telah menandatangani undang-undang baru yang memberinya kekebalan seumur hidup dari tuntutan pidana pada Januari 2024. Dia mencegah pemimpin oposisi yang tinggal di pengasingan untuk mencalonkan diri dalam pemilihan presiden mendatang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)