5 Fakta Perang 500 Hari antara Rusia dan Ukraina

Sabtu, 08 Juli 2023 - 22:05 WIB
Perekonomian dan bisnis telah mengalami kehancuran yang signifikan. Jumlah kerugian mencapai USD11,3 miliar.

Jumlah yang diperkirakan akan meningkat seiring dengan berlanjutnya perang. Biaya kerusakan sektor pertanian Ukraina yang biasanya tumbuh subur mencapai sekitar USD8,7 miliar.

5. 20% Wilayah Ukraina Dikuasai Rusia



Foto/Reuters

Setahun yang lalu, lebih dari 20% wilayah Ukraina dianggap diduduki setelah Rusia merebut kota-kota utama dan pelabuhan strategis.

Namun, perkiraan itu sekarang kurang dari 20 persen dan menurut beberapa peneliti, bisa serendah 17%, karena Ukraina berjuang untuk membebaskan tanahnya.

Pada bulan-bulan pertama perang, pasukan Rusia bergerak cepat untuk merebut wilayah dari timur laut Ukraina, yaitu di sekitar ibu kota, Kyiv, dan kota terbesar kedua di negara itu, Kharkiv.

Di bagian lain Ukraina, Rusia telah menguasai daerah sekitar Kherson, Mariupol, dan banyak desa di timur. Namun, upaya Moskow terhambat oleh perlawanan kuat Ukraina, masalah logistik, dan masuknya senjata Barat untuk mendukung Ukraina.

Serangan balasan besar pertama Ukraina menghasilkan perebutan kembali wilayah di sekitar Kharkiv dan Kherson. Pada awal Juni, Ukraina meluncurkan serangan balasan lain yang diantisipasi secara luas untuk merebut kembali wilayah di timur dan selatan, tetapi sejauh ini kemajuannya lambat.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More