5 Fakta Kekuatan Putin Melemah, Nomor 4 Mitos Pemimpin Kuat Hanya Kenangan

Senin, 26 Juni 2023 - 14:59 WIB
Fakta bahwa Lukashenko, salah satu dari sedikit sekutu Putin menjadi perantara resolusi ini kemungkinan besar akan sangat memalukan bagi Putin. Alih-alih segera menyingkirkan Prigozhin saat dia maju, Putin mengandalkan pemimpin lain untuk menyelesaikan masalahnya. "Prigozhin tampil sebagai pihak yang lebih dewasa dan lebih tenang," tutur Greene.

Kudeta yang gagal oleh Wagner tetap menjadi topik pembicaraan di sekitar puluhan juta meja makan. Orang-orang akan memperdebatkan apakah Putin benar atau salah. Hal-"hal yang sebelumnya tak terbayangkan, seperti pergantian kepemimpinan, mungkin menjadi lebih masuk akal,” tutur Greene.

5. Semakin Banyak Pemberontakan di Rusia



Foto/Reuters

Dan meskipun ada kemungkinan keretakan dalam rezim Putin dapat menjadi pertanda keruntuhan yang pada akhirnya dapat menghilangkan salah satu tantangan kebijakan luar negeri utama Washington – kebuntuan gaya Perang Dingin baru dengan Rusia – tidak ada seorang pun di Washington yang bertaruh untuk itu.

“Saya tidak berpikir kita ingin sebuah negara yang mencakup 11 zona waktu dan mencakup republik di Federasi Rusia dari banyak kelompok etnis dan sektarian yang berbeda untuk hancur berkeping-keping,” kata pensiunan Jenderal David Petraeus dilansir CNN.

“Apakah ini awal dari akhir Putin? Kami tidak tahu. Siapa pun yang mengikutinya, jika demikian, apakah dia akan menjadi lebih diktator, yang kami khawatirkan akan terjadi jika Prigozhin berhasil? Mungkinkah benar-benar ada pemimpin pragmatis yang turun tangan dan menyadari betapa bencana kesalahan seluruh upaya Ukraina ini dan menyadari bahwa mereka perlu mendapatkan pendekatan yang lebih rasional ke Eropa dan ke Barat?” tanya Petraeus, mantan direktur CIA.

Kemudian, analis politik Carnegie Endowment for International Peace, Tatiana Stanovaya, strategi Putin adalah diam jika memungkinkan, menampilkan kegagalan sebagai kesuksesan, dan tidak memikirkan serangan. Maka tidak akan ada perlu bereaksi atau membuat alasan. "Dalam berurusan dengan institusi dalam negeri dan elit, Putin telah lama dipandu oleh mantra yang sama 'Jangan membesar-besarkannya," katanya.

Tapi Stanovaya menganggap buku pedoman Putin yang biasa mulai menjadi bumerang. "Orang ingin melihat kepemimpinan yang kuat, tetapi saat ini, kepemimpinan itu terlihat semakin tidak berdaya dan bingung," tulisnya.

Abbas Gallyamov, seorang analis politik dan mantan penulis pidato Putin, menilai apa yang terjadi saat ini berdampak pada persepsi publik tentang kepemimpinan Rusia dan perang di Ukraina. "Tidak ada yang dapat menghancurkan basis dukungan publik di bawah pemerintahan otoriter lebih dari (kelemahan)," katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More