5 Fakta Kekuatan Putin Melemah, Nomor 4 Mitos Pemimpin Kuat Hanya Kenangan

Senin, 26 Juni 2023 - 14:59 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin tidak lagi dianggap sebagai pemimpin kuat dan pemersatu bangsa setelah insiden kudeta Wagner. Foto/Reuters
MOSKOW - Selama dekade terakhir, dunia sangat terkagum-kagum dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang berani melawan dominasi Amerika Serikat (AS) dan berani melawan NATO di Ukraina. Tapi, mitos yang sudah dikonstruksinya hancur berkeping-keping hanya karena ulah bos Wagner Yevgeny Prigozhin.

Putin dibuat tak berdaya ketika Prigozhin menyiapkan 25.000 prajuritnya untuk mengepung Moskow. Gertakan tersebut berakhir dengan upaya perdamaian antara Putin dan Prigozhin.

Meskipun pengkhianatan Prigozhin berujung dengan pelarian diri ke Belarusia, tetapi aksinya mampu memukul otoritas presiden Rusia dalam satu generasi yang berkuasa. Sekarang tidak diragukan lagi bahwa perang yang dilancarkan Putin untuk menghapus Ukraina dari peta menimbulkan ancaman eksistensial bagi kelangsungan politiknya.



β€œIni bukan blip 24 jam. Ini seperti Prigozhin adalah orang yang melihat ke belakang layar dan mengamati pria kecil (Putin) yang ketakutan ini,” mantan duta besar AS untuk Ukraina John Herbst dilansir CNN. "Putin telah diremehkan selamanya oleh pemberontakan ini."

Berikut adalah 5 fakta kekuatan Presiden Rusia Vladimir Putin sudah melemah.

1. Rakyat Rusia Mendukung Pemberontakan Wagner



Foto/Reuters

Analis politik independen Konstantin Kalachev mengatakan bahwa para pemimpin Rusia akan prihatin melihat penonton sipil bertepuk tangan untuk unit Wagner di Rostov. "Posisi Putin melemah," katanya.

"Putin meremehkan Prigozhin, sama seperti dia meremehkan Presiden Rusia Vladimir Zelensky sebelumnya," kata Kalachev. Menurut dia, Putin bisa menghentikan ini dengan panggilan telepon ke Prigozhin tetapi dia tidak melakukannya.

Perpecahan di Moskow dan antara pemerintah dan Grup Wagner Prigozhin – satu-satunya kekuatan tempur Rusia yang telah menikmati banyak keberhasilan medan perang baru-baru ini – mungkin juga sekarang membuka celah bagi Ukraina, yang menginginkan terobosan melawan pasukan Moskow yang sudah terdemoralisasi dan dipimpin dengan buruk dalam serangan balasan barunya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More