5 Fakta Kekuatan Putin Melemah, Nomor 4 Mitos Pemimpin Kuat Hanya Kenangan

Senin, 26 Juni 2023 - 14:59 WIB
Kudeta Prigozhin yang gagal memang memberikan beberapa wawasan tentang kekuatan negara pusat, yang telah direkayasa dengan cermat oleh Putin selama pemerintahannya.

“(Putin) telah menghabiskan 15 tahun terakhir untuk mencoba melawan rezim ini. Salah satu hal utama yang akan diberitahukan oleh ilmuwan politik mana pun kepada Anda adalah bahwa Anda perlu memiliki banyak pasukan keamanan terpisah untuk membuat koordinasi kudeta menjadi sangat sulit," kata

Putin sangat bersemangat dalam menghasilkan banyak sekali institusi militer dan bersenjata yang berbeda di sebuah negara. Itu akan membuat sangat sulit untuk mengoordinasikan apa pun untuk melawannya.

Sebenarnya, posisi lemah Putin bukanlah kejutan yang lengkap. Ketika Putin baru-baru ini bertemu dengan koresponden dan blogger perang, tulis Mark Galeotti, “dia secara implisit mengakui tiga hal: bahwa Kremlin mengalami masalah dalam memutar perangnya di Ukraina, bahwa komentator tidak resmi dengan caranya sendiri sama kuatnya dengan mesin media negara dan bahwa narasi resmi yang percaya diri gagal mendapatkan banyak daya tarik.”

“Kadang-kadang, Putin tampaknya tidak menyadari detail perang yang dia coba kelola dengan sangat terkenal, dan kadang-kadang ingin menjauhkan diri darinya," kata Galeotti. "Apa pun yang salah, tentu saja, selalu menjadi tanggung jawab orang lain."

4. Mitos Putin sebagai Pemimpin Kuat dan Pemersatu Rusia Sudah Hancur



Foto/Reuters

Di dalam Rusia, sulit untuk mengatakannya; politik begitu rahasia dan motivasi kepemimpinan begitu buram sehingga memprediksi perkembangan selanjutnya hampir mustahil.

"Meskipun Putin tampaknya telah menyelesaikan tantangan singkat ini terhadap otoritasnya, hal-hal mungkin tidak akan kembali normal baginya," ungkap Sam Greene, direktur Ketahanan Demokratis di Pusat Analisis Kebijakan Eropa, dilansir Vox.

“Pikiran utama saya, saat Prigozhin mengirim orang-orangnya kembali ke pangkalan, kudeta belum berakhir,” ungkap Greene. “Saya tidak menyarankan agar Prigozhin mencoba lagi. Tapi perasaan kuat saya adalah bahwa tantangan Putin baru saja dimulai.”
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More