5 Drone Buatan Ukraina, Nomor 4 Paling Ditakuti Rusia

Senin, 05 Juni 2023 - 15:44 WIB
Drone buatan Ukraina mampu membuat tentara Rusia gemetar. Foto/Reuters
KIEV - Ukraina sangat cepat beradaptasi dalam perang melawan Ukraina, salah satunya adalah meningkatkan produksi drone permintaan yang terus tumbuh di garis depan. Ukraina melonggarkan undang-undang impor dan menghapus pajak untuk suku cadang dan peralatan drone.

Perluasan ini didanai oleh kampanye penggalangan dana yang sukses yang disebut Army of Drones. USD108 juta telah dikumpulkan dengan bantuan pendukung selebritas seperti Mark Hamill dari Star Wars. Penyelenggara kampanye Army of Drones mengatakan mereka telah membangun atau membeli 3.300 drone tambahan. Sekitar 400 orang bahkan telah mengirim drone hobi mereka sendiri melalui pos.

Drone menjadi mata tentara Ukraina sehingga dapat menyesuaikan artileri dan menemukan serta menetralkan musuh. Proyek drone nasional lainnya diiklankan di banyak toko dan stasiun layanan di seluruh Ukraina karena pemerintah bersikeras bahwa drone memberikan keunggulan kompetitif bagi militernya di medan perang.



Kementerian Transformasi Digital Ukraina mengumumkan apa yang disebutnya sebagai langkah penting untuk pengembangan pasar drone. Itu bertujuan untuk melonggarkan dan menyederhanakan prosedur untuk mengimpor komponen drone ke Ukraina. “Drone saat ini adalah teknologi fundamental dalam hal signifikansinya,” kata Menteri Transformasi Digital Mykhailo Fedorov, dilansir BBC.

Berikut adalah 5 drone buatan dalam negeri Ukraina yang digunakan dalam peperangan melawan Rusia.

1. A1-CM Furia



Foto/athlonavia

A1-CM Furia merupakan pesawat udara tak berawak (drone) buatan Ukraina yang dirancang untuk pengintaian udara di lapangan. Itu dikendalikan menggunakan stasiun portabel persegi panjang khusus, seukuran kotak gitar. Itu melakukan penerbangan pertamanya pada 2014 dan ditugaskan oleh Angkatan Bersenjata Ukraina pada tahun 2020. A1-CM Furia UAV telah digunakan dalam invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022.

UAS A1-CM Furia telah dikembangkan dan diproduksi oleh LLC SPC Athlon Avia sejak 2014. Selama ini, lebih dari 100 sistem dengan berbagai modifikasi telah diproduksi untuk kebutuhan Angkatan Bersenjata Ukraina, Garda Nasional Ukraina , dan Dinas Keamanan Ukraina. Pada 2019-2020, UAS melewati spektrum penuh tes negara dan diadopsi oleh Angkatan Bersenjata Ukraina.

Sejak 2014 sistem ini banyak digunakan selama Operasi Pasukan Gabungan di Ukraina timur untuk melakukan pengintaian udara dan penyesuaian tembakan artileri. Daya tahan penerbangan yang panjang dan garis komando jarak jauh memungkinkan untuk melakukan tugas pada kedalaman taktis hingga 50 kilometer. Sistem ini terdiri dari tiga kendaraan udara tak berawak, tiga muatan siang hari, dan dua muatan malam hari yang dilengkapi dengan pencitraan termal.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More