5 Negara yang Mengoperasikan Jet Tempur F-16 Terbanyak, 2 di Antaranya Anggota NATO

Senin, 29 Mei 2023 - 20:07 WIB

2. Turki



Berikutnya adalah Turki. Negara ini menjadi salah satu anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.

Menurut data Statista, Turki memiliki sekitar 243 jet tempur F-16. Angka tersebut menempatkannya sebagai salah satu yang terbesar setelah Amerika Serikat.

Data tersebut relevan dengan laporan yang disampaikan Jerusalem Post. Sebelumnya, mereka melaporkan bahwa Ankara memiliki lebih dari 200 F-16, termasuk varian F-16C dan F-16D.

3. Israel



Israel mungkin bukan anggota NATO. Namun, dalam hal ini mereka adalah sekutu dekat Amerika Serikat. Sehingga tak heran apabila persenjataan seperti F-16 ini dimilikinya dalam jumlah banyak.

Per tahun 2022 lalu, Israel diperkirakan memiliki sekitar 224 jet tempur F-16. Mengingat kedekatannya dengan AS, bukan tidak mungkin ke depannya mereka akan mendapat lebih banyak F-16.

4. Mesir



Selama Perang Yom Kippur tahun 1973 dengan Israel, Mesir kehilangan banyak pesawat tempurnya. Pasca kehilangan pasokan senjata dari Uni Soviet, mereka beralih ke negara lain seperti Prancis dan Amerika Serikat.

Saat itu, mereka mulai menerima persenjataan seperti Mirage 5 dari Prancis serta F-4E dari AS. Setelahnya, sekitar tahun 80-an, Mesir mulai memesan F-16 varian A dan B untuk memperkuat sektor udaranya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More