5 Negara yang Mengoperasikan Jet Tempur F-16 Terbanyak, 2 di Antaranya Anggota NATO

Senin, 29 Mei 2023 - 20:07 WIB
Jet tempur F-16 milik Angkatan Udara AS hendak lepas landas. Foto/REUTERS
TAIPEI - Terdapat sedikitnya lima negara yang mengoperasikan jet tempur F-16 terbanyak di dunia. Beberapa di antaranya adalah anggota NATO.

Belakangan, jet tempur F-16 tengah menjadi perbincangan hangat. Terlebih setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberikan izin kepada negara lain yang ingin mengirim F-16 untuk Ukraina.

Melihat riwayatnya, F-16 ini adalah jet tempur produksi Lockheed Martin. Tak hanya AS saja, penggunanya juga cukup banyak di dunia. Tak terbatas untuk anggota NATO, tetapi juga negara-negara lain di luar sana.

Melansir data Statista, berikut lima negara yang mengoperasikan jet tempur F-16 terbanyak di dunia.

Operator Jet Tempur F-16 Terbanyak



1. Amerika Serikat



Amerika Serikat menjadi negara yang memiliki F-16 terbanyak. Melihat latar belakangnya, F-16 dibangun berdasarkan perjanjian antara AS dengan mitra NATO-nya seperti Belgia, Denmark, Belanda, dan Norwegia.

Mengutip laman Airforce, angkatan bersenjata Amerika Serikat sendiri telah banyak menerima berbagai varian dari jet tempur F-16 dari Lockheed Martin. Sejak September 2001, F-16 telah menjadi komponen utama dari persenjataan AS.

Menurut data Statista, per 2022 lalu Amerika Serikat memiliki sekitar 936 unit aktif dari F-16. Hal ini menjadikannya sebagai pemilik terbanyak jet tempur tersebut di antara negara lainnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More