Tak Ada Keinginan Berunding, Akhir Perang Ukraina Masih Gelap

Rabu, 03 Mei 2023 - 20:23 WIB
Perwira NATO menyebut akhir dari perang di Ukraina masih tidak terlihat karena kedua belah pihak tidak mempunyai keinginan untuk mengakhiri perang. Foto/Ilustrasi
BRUSSELS - Seorang perwira tinggi militer NATO mengatakan akhir dari perang di Ukraina tidak terlihat. Pasalnya, baik Rusia maupun Ukraiina tidak mau pergi ke meja perundingan.

"Rusia memiliki tujuan strategis untuk mengambil tidak hanya Ukraina, tetapi juga apa yang dianggap wilayahnya berdasarkan klaim sejarah, sementara Ukraina tidak mungkin menerima apa pun selain penarikan penuh Rusia," kata Laksamana Rob Bauer, ketua Komite Militer NATO, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (3/5/2023).

Bauer mengatakan bahwa Rusia sekarang cenderung fokus pada kuantitas pasukan dan perlengkapannya, sementara Ukraina akan fokus pada kualitas dengan bantuan dari Barat.



Menurut Bauer perang yang terus berlangusng hingga memasuki bulan ke-15 telah jauh melampaui operasi empat hari yang telah direncanakan oleg Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Setelah banyak pertempuran dan waktu yang lama, kedua belah pihak sekarang sedang mencari personel baru, sistem senjata baru, dan lebih banyak amunisi,” katanya.

Rusia harus fokus pada jumlah pasukannya, yang berarti memobilisasi banyak wajib militer yang tidak terlatih dengan baik, dan menggunakan peralatan yang lebih tua seperti tank T-54.



Ukraina, di sisi lain, akan fokus pada kualitas, dengan sistem senjata barat dan pelatihan barat disediakan.

“Akan sangat sulit untuk mengatakan bagaimana perang akan berakhir, tetapi untuk saat ini, dapat dipastikan bahwa Rusia belum mengubah tujuan strategis mereka,” katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More