Cuaca Buruk, Ukraina Tunda Serangan Balasan

Rabu, 03 Mei 2023 - 03:09 WIB
loading...
Cuaca Buruk, Ukraina Tunda Serangan Balasan
Cuaca buruk, Ukraina tunda serangan balasan. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Ukraina menunda serangan balasan yang digembar-gemborkan terhadap Rusia karena saat ini tidak dapat menggunakan kendaraan lapis baja yang disediakan Barat karena cuaca buruk. Klaim itu dilontarkan Duta Besar Ukraina untuk Inggris.

“Jelas, cuaca sejauh ini tidak memungkinkan tank-tank berat untuk bergerak di lumpur musim semi yang biasa di Ukraina,” kata Vadim Pristayko kepada Sky News yang disitir dari RT, Rabu (3/5/2023).

Pristayko mengatakan kepada Sky News bahwa Ukraina menargetkan serangan terobosan, tetapi pada saat yang sama memperingatkan bahwa terlalu banyak harapan yang diberikan pada serangan ini.



Utusan KIev itu menuduh Moskow melebih-lebihkan kemampuan militernya sendiri, mengutip serangan rudal terbaru terhadap sasaran Ukraina sebagai contoh.

"Rusia melebih-lebihkan melaporkan ratusan roket. Kenyataannya hanya belasan yang dikirim ke kami,” tegasnya.

Klaim Pristayko bahwa hingga 100 rudal diluncurkan dalam serangan baru-baru ini oleh Rusia tampaknya berasal dari pejabat Ukraina Sergey Shakhet, kepala polisi di Wilayah Nikolaev. Dia membagikan angka itu di media sosial pada hari Senin, dengan media Ukraina kemudian menyebarkannya. Kementerian Pertahanan Rusia tidak menyebutkan jumlah senjata yang digunakan dalam laporannya sendiri tentang serangan tersebut.



Komentar tersebut mengulangi pernyataan Menteri Pertahanan Ukraina Aleksey Reznikov yang dibuat minggu lalu. Saat itu ia menyatakan bahwa pasukan Ukraina secara luas siap untuk melakukan serangan terhadap Rusia tetapi membutuhkan kehendak Tuhan, cuaca, dan keputusan komandan.

Amerika Serikat (AS) dan sekutunya telah mengirim lusinan tank tempur utama dan ratusan kendaraan lapis baja ke Ukraina untuk mendukung serangan balasan yang diharapkan. Sementara pejabat Barat berpendapat bahwa Kiev memiliki semua yang dibutuhkan untuk operasi yang sukses, di balik pintu tertutup militer Amerika dilaporkan telah menyatakan keraguan tentang kemampuan Ukraina untuk menembus garis pertahanan Rusia.

Beberapa laporan media Barat telah memberi kesan bahwa serangan balasan bisa menjadi momen yang menentukan dalam konflik, dan Kiev mungkin merasa sulit untuk mengamankan paket bantuan militer lebih lanjut kecuali memperoleh dukungan yang signifikan. Pejabat senior Ukraina telah menolak ini, mendesak dukungan terus terlepas dari hasilnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)