ISIS Penggal dan Salib Empat Pria di Irak

Selasa, 07 April 2015 - 17:43 WIB
ISIS Penggal dan Salib Empat Pria di Irak
ISIS Penggal dan Salib Empat Pria di Irak
A A A
MOSUL - ISIS telah memenggal empat pria atas tuduhan melakukan perampokan bersenjata dan pembunuhan di Provinsi Niniwe, Irak. Usai dieksekusi, jasad empat korban disalib di alun-alun kota.

Eksekusi itu dipublikasikan kelompok Islamic of State Iraq and Syria (ISIS) dalam bentuk video, seperti dirilis Daily Mail, Selasa (7/4/2015).

Dalam dokumentasi video tak bertanggal, seorang militan ISIS yang mengenakan topeng berdiri di depan kerumunan massa. Militan itu membacakan tulisan berisi “dakwaan” dengan pengeras suara.

“Orang-orang itu dihukum oleh Pengadilan Islam di Negara Niniwe,” tulis AFP, mengacu pada keterangan dalam video yang dirilis ISIS.

Sebelum dieksekusi, ISIS menampilkan keempat pria itu saat diinterogasi. Belum jelas, apakah empat pria itu warga sipil di Irak atau militan anggota ISIS sendiri. Keempat pria tersebut berjanggut dan mengenakan pakaian ala militer.

Banyak orang menyaksikan eksekusi empat pria itu, termasuk di antaranya anak-anak. Kelompok radikal yang dipimpin Abu Bakar al-Baghdadi tersebut juga menampilkan foto terakhir, di mana empat pria dipaksa berlutut sebelum akhirnya dieksekusi.

Laporan eksekusi itu muncul setelah Perdana Menteri Irak, Haider Al-Abadi, bersumpah untuk melindungi orang-orang yang tinggal di wilayah yang dikuasai oleh ISIS. Abadi bersumpah melindungi hak-hak warga ketika wilayah itu nantinya direbut kembali pasukan Irak.

”Kami menjamin hak rakyat Provinsi Anbar dan Niniwe serta wilayah lain yang hidup di bawah kontrol ISIS. Kita menghormati hak orang-orang dan tidak akan mentolerir setiap pelanggaran terhadap hak properti dan jiwa mereka,” Abadi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4091 seconds (0.1#10.140)