ISIS Serbu Penjara Kurdi Suriah, 25 Tewas

Jum'at, 21 Januari 2022 - 21:50 WIB
loading...
ISIS Serbu Penjara Kurdi Suriah, 25 Tewas
ISIS serbu penjara Kurdi di Suriah, 25 tewas. Foto/Ilustrasi
A A A
DAMASKUS - Setidaknya 25 orang tewas dalam bentrokan yang sedang berlangsung antara kelompok Negara Islam (IS, dulu ISIS) dengan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi . Bentrokan terjadi setelah ISIS menyerang penjara yang menampung para anggotanya di timur laut Suriah pada Kamis malam.

Ini adalah operasi terbesar kelompok ekstremis itu di Suriah sejak kekalahannya yang diproklamirkan sendiri pada Maret 2019.

ISIS melancarkan serangan ke penjara Ghuwayran di provinsi al-Hasakah Kamis malam, dengan bom-bom diluncurkan ke dinding penjara sementara para tahanan melakukan kerusuhan di dalam.

Menurut kelompok pemantau yang berbasis di London, Inggris, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), penjara itu menampung hingga 3.500 tersangka pejuang ISIS.

"Hingga 18 dari 25 yang tewas berasal dari pasukan keamanan internal Kurdi (Asayish), sementara enam pejuang ISIS dan satu warga sipil juga tewas," menurut SOHRseperti dilansir dari Al Araby, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Bos Hizbullah Menghina Raja Salman dan Tuding Saudi Sebar Ideologi ISIS



Jumlah korban tidak dikonfirmasi atau disangkal oleh juru bicara SDF Aram Hanna, tetapi dia menegaskan bahwa beberapa anggota pasukan keamanan internal tewas dalam operasi tersebut dan informasi terbaru akan segera diberikan.

“Penjara di Hasakah diserang oleh sel tidur (IS) kemarin malam. Perimeter penjara telah diamankan dan pasukan keamanan telah mengepung sel (IS), yang menjadikan warga sipil sebagai tameng manusia,” kata Hanna kepada Al Araby.

“Unit komando masih melakukan operasi anti-teroris dalam koordinasi dengan pasukan keamanan internal, dan bentrokan kekerasan antara mereka dan sel (IS) sedang berlangsung,” tambahnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2946 seconds (11.252#12.26)