Demo, Para Santa Palestina dan Tentara Israel Bentrok

Rabu, 24 Desember 2014 - 16:17 WIB
Demo, Para Santa Palestina...
Demo, Para Santa Palestina dan Tentara Israel Bentrok
A A A
BETLEHEM - Para demonstran Palestina beraksi di Betlehem dengan mengenakan pakaian Santa Claus. Demo itu berujung pada bentrokan dengan tentara Israel.

Insiden ini terjadi di dekat pos pemeriksaan militer Israel di Betlehem, Tepi Barat, menjelang perayaan Natal. Betlehem menjadi kota suci yang diyakini sebagai kota kelahiran Yesus.

Para “Santa” itu semula beraksi damai dengan mendistribusikan hadiah Natal kepada untuk anak-anak di pintu masuk Kota Betlehem.

Menurut kelompok HAM Israel, B'Tselem, tentara dan polisi Israel menembakkan gas air mata dan granat secara langsung ke arah demonstran.

”Dengan tujuan menghantam mereka atau membuat mereka terbakar. Hal itu bertentangan dengan aturan,” bunyi pernyataan B’Tselem, seperti dikutip Al Arabiya, Rabu (24/12/2014).

Sejak awal bulan ini, Kota Bethlehem di Tepi Barat sudah dihias dengan aneka pohon Natal dan kembang api untuk menyambut perayaan Natal.

Di Tepi Barat, wilayah Palestina yang diduduki Israel terhadapat sekitar 50 ribu warga Kristen Palestina, termasuk 17 ribu umat Katolik. Mereka hidup berdampingan dengan empat juta warga Muslim yang ada di Tepi Barat dan Gaza.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)