Bagaimana Awal Mula Konflik Israel-Palestina?

Rabu, 11 Oktober 2023 - 05:25 WIB
loading...
Bagaimana Awal Mula Konflik Israel-Palestina?
Konflik Palestina melawan Israel memiliki sejarah yang panjang. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pertempuran antara Israel dan Hamas, yang melancarkan serangan mendadak pada hari Sabtu, adalah yang terbaru dalam tujuh dekade perang dan konflik antara Israel dan Palestina yang telah menarik kekuatan luar dan mengguncang Timur Tengah secara lebih luas.

Berikut adalah 7 fakta yang menjelaskan awal mula konflik Hamas melawan Israel.

1. Berawal dari Pendirian Negara Palestina apda 1948

Bagaimana Awal Mula Konflik Israel-Palestina?

Foto/Reuters

Melansir Reuters, konflik ini mempertemukan tuntutan Israel akan keamanan di wilayah yang telah lama mereka anggap sebagai wilayah yang bermusuhan dengan aspirasi Palestina untuk memiliki negara mereka sendiri.

Bapak pendiri Israel, David Ben-Gurion, memproklamirkan Negara Israel modern pada tanggal 14 Mei 1948, membangun tempat berlindung yang aman bagi orang-orang Yahudi yang melarikan diri dari penganiayaan dan mencari rumah nasional di tanah yang mereka anggap memiliki ikatan yang erat selama beberapa generasi.

Warga Palestina menyesali penciptaan Israel sebagai Nakba, atau malapetaka, yang mengakibatkan perampasan hak milik mereka dan menghalangi impian mereka untuk bernegara.

Dalam perang yang terjadi setelahnya, sekitar 700.000 warga Palestina, setengah dari populasi Arab di wilayah Palestina yang dikuasai Inggris, melarikan diri atau diusir dari rumah mereka, berakhir di Yordania, Lebanon dan Suriah serta di Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem Timur. .

Israel, sekutu dekat AS, membantah pernyataan bahwa mereka mengusir warga Palestina dari rumah mereka dan menyatakan bahwa mereka diserang oleh lima negara Arab sehari setelah pembentukan negara tersebut. Pakta gencatan senjata menghentikan pertempuran pada tahun 1949 namun tidak ada perdamaian formal.

Warga Palestina yang tetap bertahan dalam perang saat ini membentuk komunitas Arab-Israel, yang merupakan 20% dari populasi Israel.


2. Konflik Israel Melibatkan Banyak Negara Arab

Bagaimana Awal Mula Konflik Israel-Palestina?

Foto/Reuters

Pada tahun 1967, Israel melakukan serangan pendahuluan terhadap Mesir dan Suriah, melancarkan Perang Enam Hari. Israel telah menduduki Tepi Barat, Yerusalem Timur Arab, yang direbutnya dari Yordania, dan Dataran Tinggi Golan di Suriah sejak saat itu.

Pada tahun 1973, Mesir dan Suriah menyerang posisi Israel di sepanjang Terusan Suez dan Dataran Tinggi Golan, yang memulai Perang Yom Kippur. Israel memukul mundur kedua pasukan tersebut dalam waktu tiga minggu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)