China Peringatkan Hong Kong Bisa Chaos

Kamis, 02 Oktober 2014 - 16:53 WIB
China Peringatkan Hong Kong Bisa Chaos
China Peringatkan Hong Kong Bisa Chaos
A A A
BEIJING - Pemerintah China memperingatkan kepada para aktivis pro-demokrasi bahwa situasi Hong Kong bisa chaos jika demonstrasi tidak diakhiri.

Phak Beijing tidak akan goyah untuk menolak izin Hong Kong menggelar Pemilu langsung 2017. (Baca: Demonstran Hong Kong: Ganyang Partai Komunis China)

Peringatan pemerintah China itu muncul dalam editorial media pemerintah China, People Daily. Dalam editorialnya, media yang mewakili pemikiran pemerintah China itu menyatakan, sikap Beijing pada Pemilu Hong Kong tak tergoyahkan.”Dan sah menurut hukum,” bunyi editorial itu, Kamis (2/10/2014).

“Kelompok pro-demokrasi menempati jalur protes ilegal dan menyakiti Hong Kong. Jika terus berlanjut, akibatnya akan tak terbayangkan,” lanju editorial bernada peringatan itu.

Beberapa aktivis dan analis, termasuk mantan pemimpin mahasiswa Tiananmen, mengatakan editorial media pemerintah China itu senada dengan apa yang terjad di Tiananmen 25 tahun yang lalu.

Kala itu, demonstrasi pro-demokras di Tiananmen diyakini menewaskan ribuan orang akibat tindakan keras dari aparat Beijing. Namun, pemerintah China tidak pernah mengakui data korban jiwa itu dan menyalahkan demonstran atas tragedi itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4638 seconds (0.1#10.140)