Jepang: Balas jika Korut tembakkan rudal balistik!

Sabtu, 05 April 2014 - 12:55 WIB
Jepang: Balas jika Korut tembakkan rudal balistik!
Jepang: Balas jika Korut tembakkan rudal balistik!
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Jepang resmi mengluarkan perintah kepada militernya untuk membalas serangan jika Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik dalam beberapa pekan ke depan. Jepang mewaspadai penembakan rudal balistik jarak pendek yang bernama Rodong.

Perintah untuk membalas itu dikeluaran Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera. Jepang juga ingin menghindari pembicaraan dingin antara pihak Tokyo dan Pyongyang.

”Menteri Pertahanan membuat (perintah) sejak 3 April 2014, agar (militer Jepang) mempersiapkan diri untuk setiap penembakkan rudal (Korut),” kata sumber di pemerintahan Jepang, mengutip isi perintah Onodera, seperti dilansir Reuters, Sabtu (5/4/2014).

Kendati demikian, dalam perintah itu, Jepang tidak akan menyebarkan rudal Patriot yang menjadi tameng pertahanan terakhir dari militer Jepang.

Jepang pernah memprotes penembakan rudal Rodong Korut, ketika pemimpin Jepang, Korea Selatan dan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menggelar pertemuan pekan lalu.

Rudal berdaya jangkau 650 km itu ditembakkan ke arah laut yang berbatasan dengan Jepang. Meskipun tidak sampai mengenai wilayah Jepang, radar kapal penghancur milik Angkatan Laut Jepang, yakni kapal Aegis dapat melacak beberapa target dari tembakan rudal Korut itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7134 seconds (0.1#10.140)