Tambah Mesra di Tengah Ancaman Korut, PM Jepang Sambangi Seoul

Minggu, 07 Mei 2023 - 10:00 WIB
loading...
Tambah Mesra di Tengah Ancaman Korut, PM Jepang Sambangi Seoul
Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengunjungi Seoul untuk bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol, Minggu (7/5/2023). Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengunjungi Seoul untuk bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol, Minggu (7/5/2023).

Kunjungan bilateral Kishida, yang pertama oleh seorang pemimpin Jepang ke Seoul dalam 12 tahun, membalas perjalanan yang dilakukan Yoon ke Tokyo pada bulan Maret lalu, di mana mereka berusaha untuk menutup bab tentang perselisihan sejarah yang telah mendominasi hubungan Jepang-Korsel selama bertahun-tahun.

Yoon menghadapi kritik di dalam negeri bahwa dia telah memberikan lebih dari yang dia terima dalam upayanya untuk meningkatkan hubungan dengan Jepang, termasuk dengan mengusulkan agar bisnis Korsel - bukan perusahaan Jepang seperti yang diperintahkan oleh pengadilan - mengkompensasi korban tenaga kerja masa perang selama Jepang 1910-1945 pendudukan kolonial.

Para pejabat Korsel berharap Kishida akan memberikan semacam isyarat sebagai balasan dan menawarkan beberapa dukungan politik, meskipun hanya sedikit pengamat yang mengharapkan permintaan maaf formal lebih lanjut atas kesalahan sejarah. Yoon sendiri telah memberi isyarat bahwa dia tidak percaya itu perlu.

Alih-alih, fokus KTT kemungkinan akan berkisar pada kerja sama keamanan dalam menghadapi ancaman nuklir Korea Utara, kata Shin-wha Lee, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Korea yang berbasis di Seoul.

“Dalam kerangka ‘Deklarasi Washington’, yang menguraikan rencana untuk memperkuat pencegahan yang diperluas, Korea akan mencari cara untuk meningkatkan upaya kolaboratif dengan Jepang,” tambahnya seperti dikutip dari Al Arabiya.



Tetapi perbedaan historis antara Korsel dan Jepang juga mengancam untuk membayangi hubungan yang berkembang antara kedua pemimpinnya.

Dikatakan oleh Lee, mayoritas warga Korsel percaya Jepang belum cukup meminta maaf atas kekejaman selama pendudukan Jepang tahun 1910-1945 di Korea.

“Mereka menganggap Perdana Menteri Kishida harus menunjukkan ketulusan selama kunjungannya ke Korea Selatan, seperti menyebutkan masalah sejarah dan menyampaikan permintaan maaf,” tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)