Inggris kirim kapal induk ke Filipina

Kamis, 14 November 2013 - 23:20 WIB
Inggris kirim kapal induk ke Filipina
Inggris kirim kapal induk ke Filipina
A A A
Sindonews.com – Inggris akan mengirim kapal induk HMS Illustrious pengangkut helikopter ke Filipina untuk membantu upaya pendistribusian bantuan bagi korban topan Haiyan di Filipina. Demikian dinyatakan Perdana Menteri David Cameron, Kamis (14/11/2013).

"Saya bisa mengumumkan, bahwa Inggris mengirimkan kapal induk HMS Illustrious untuk membantu korban topan Haiyan," kata Cameron di akun Twitter resminya. Cameron sendiri saat ini sedang menuju ke pertemuan puncak negara-negara Persemakmuran di Sri Lanka.

Saat ini, HMS Illustrious sedang melakukan latihan di Teluk dan diperkirakan akan mencapai Filipina pada 25 November. Cameron mengatakan, jumlah total bantuan Pemerintah Inggris untuk korban topan Haiyan lebih dari USD32 juta.

HMS Illustrious akan menggantikan kapal perusak Inggris, HMS Daring, yang telah bergabung dengan upaya pendistribusian bantuan korban topan Haiyan sejak awal pekan ini. Menurut Pemerintah Inggris, HMS Illustrious mengangkut tujuh helikopter yang akan digunakan untuk mendistribusikan makanan dan air.

Kapal dengan awak 900 ini juga memiliki peralatan untuk mengkonversi air laut menjadi air tawar. Cameron mengatakan, Inggris juga telah mencarter sebuah pesawat Antonov milik Rusia untuk mengangkut 100 ton peralatan guna pembersihan puing-puing dan untuk penanganan persediaan bantuan di lapangan udara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6374 seconds (0.1#10.140)