Negara yang Paling Lama Dijajah, Semuanya Ada di Asia

Sabtu, 21 Mei 2022 - 06:00 WIB
loading...
Negara yang Paling Lama Dijajah, Semuanya Ada di Asia
Pemandangan di Kuala Lumpur City Centre (KLCC), Malaysia, pada 15 Agustus 2017. Foto/REUTERS/Lai Seng Sin
A A A
MANILA - Praktik kolonialisme telah muncul sejak zaman kerajaan kuno, yang antara lain dilakukan oleh Yunani Kuno, Roma Kuno, dan Mesir Kuno.

Di permulaan abad ke-15, jejak kolonialisme mulai diukir Portugal. Dengan misi menemukan jalur perdagangan dan peradaban di luar Eropa, Portugis kemudian menaklukkan wilayah-wilayah temuannya.

Tak menunggu lama, negara lain mengikuti langkah Portugis. Inggri, Belanda, Prancis berlomba-lomba meluaskan kerajaannya dengan menjajah bangsa lain.

Mereka berusaha menguasai semua yang dimiliki wilayah negara tersebut, seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia, dalam kurun waktu yang lama. Berikut beberapa negara yang paling lama dijajah.

1. Filipina

Negara yang terletak di Lingkar Pasifik Barat ini memiliki ibu kota Manila. Filipina pernah dijajah oleh Spanyol selama 300 tahun.



Spanyol berhasil menguasai Kepulauan Filipina sejak abad ke-16. Penjajahan yang dilakukan Spanyol ini identik dengan pendirian pusat-pusat ajaran Katolik.

Selain itu, Spanyol juga melakukan pemerasan kepada petani-petani dan menguasai lahan rakyat dengan sewenang-wenang.

Pada tahun 12 Juni 1898, Filipina berhasil bebas dari kolonialisme Prancis. Namun selanjutnya Amerika Serikat (AS) berhasil menguasai Filipina sampai tahun 1946.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1829 seconds (10.177#12.26)