China desak Jepang tingkatkan hubungan bilateral

Selasa, 12 November 2013 - 23:54 WIB
China desak Jepang tingkatkan hubungan bilateral
China desak Jepang tingkatkan hubungan bilateral
A A A
Sindonews.com – China mendesak Pemerintah Jepang untuk memperhatikan saran Beijing guna memperbaiki hubungan bilateral melalui tindakan nyata, Selasa (12/11/2013).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Qin Gang, membuat pernyataan dalam sebuah briefing berita harian dalam menanggapi pidato yang disampaikan oleh mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, Senin (11/11/2013).

“Hubungan China-Jepang memiliki masalah serius. Hal ini tidak disebabkan oleh China, dan China tidak menikmatinya,” kata Gang, seperti dikutip dari Xinhua. Menurutnya, China tahu bahwa banyak warga di Jepang prihatin tentang situasi dan membuat saran kepada pemerintah.

“Cina selalu menganjurkan, bahwa kedua negara harus bekerja atas dasar empat dokumen politik antara China dan Jepang dan dalam semangat mengambil sejarah sebagai cermin dan menghadap ke arah masa depan untuk menangani isu-isu dalam hubungan bilateral,” lanjutnya.

“China ingin bekerja dengan orang-orang dari wawasan di Jepang untuk mengembangkan hubungan bilateral,” lanjutnya. Belakangan ini, ketegangan antara Jepang dan China meningkat akibat saling klaim kepulauan di Laut China Timur yang tak berpenghuni, namun diyakini memiliki banyak sumber daya alam.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7033 seconds (0.1#10.140)