Silakan Pilih: China dan Jepang Ultimatum Warga Negara Ganda

Selasa, 16 Maret 2021 - 15:26 WIB
loading...
Silakan Pilih: China dan Jepang Ultimatum Warga Negara Ganda
Warga negara Jepang yang memegang kewarganegaraan ganda diminta untuk memilih satu paspor pada ulang tahun ke-22 mereka. Foto/Insider
A A A
BEIJING - China dan Jepang memberikan peringatan kepada warganya yang berkewarganegaraan ganda untuk menentukan sikap terkait kewarganegaraannya.

Sikap keras ditunjukkan oleh China kepada warganya yang berkewarganegaraan ganda. Warga China kini didorong untuk melaporkan orang-orang yang secara diam-diam memiliki dua paspor karena toleransi nol Beijing untuk kewarganegaraan ganda.

Baru-baru ini, warga ganda di Hong Kong diberi tahu pada bulan Februari bahwa mereka tidak akan menerima perlindungan konsuler.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengambil sikap garis keras terhadap kewarganegaraan ganda bulan lalu ketika dia mengatakan bahwa penduduk keturunan China lahir di kota atau daratan akan dianggap sebagai warga negara China. Lam menambahkan bahwa kebijakan ini akan ditegakkan dengan ketat, dan Hong Kong akan, dengan ekstensi, tidak berhak atas perlindungan konsuler Inggris.



Keputusan ini terjadi setelah Beijing mengumumkan bahwa negara itu tidak akan lagi mengenali paspor nasional Inggris di luar negeri sebagai dokumen perjalanan atau bentuk identifikasi yang sah.

Menurut laporan berita CTV, warga negara ganda Kanada dan China yang dipenjara di Hong Kong dipaksa untuk memilih antara dua negara mereka. Keputusan ini, menurut CTV News, berarti mereka akan kehilangan hak mereka untuk mempertahankan residensi di Hong Kong jika mereka menyatakan diri mereka sebagai Kanada - tetapi menyatakan diri mereka orang China akan mengesampingkan bantuan di masa depan dari pemerintah Kanada.

"Masalah kewarganegaraan ganda ini selalu dipersenjatai oleh Partai Komunis China untuk menekan perbedaan pendapat dan menggunakannya untuk mengkriminalkan individu yang mereka anggap sebagai bahaya bagi rezim," kata aktivis Cherie Wong, Direktur Eksekutif Aliansi Grup Advokasi Kanada Hong Kong kepada CTV yang dinukil Insider, Selasa (16/3/2021).

Sementara itu, Jepang juga memperkuat kebijakan anti kewarganegaraan ganda pada bulan Januari, ketika pengadilan Tokyo menjunjung tinggi larangannya terhadap mereka yang memegang beberapa kewarganegaraan. Warga negara Jepang yang memegang kewarganegaraan ganda diminta untuk memilih satu paspor pada ulang tahun ke-22 mereka.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)