Pakistan bebaskan bekas pentolan Taliban

Minggu, 22 September 2013 - 04:20 WIB
Pakistan bebaskan bekas pentolan Taliban
Pakistan bebaskan bekas pentolan Taliban
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Pakistan telah membebaskan Mullah Abdul Ghani Baradar, bekas komandan Taliban, dari penjara. Pembebasan mantan pimpinan Taliban itu, sebagai tahapan untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan.

”Ya, Baradar telah dibebaskan,” kata Omar Hamid, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Pakistan, Sabtu (21/9/2013), seperti dikutip Reuters.

Amerika Serikat dan Afghanistan telah lama menekan Islamabad, untuk membebaskan Baradar. Sebab, tokoh itu, diyakini akan menjadi magnet untuk membujuk para pemimpin Taliban agar bersedia berunding dengan pasukan militer pimpinan AS yang bakal meninggalkan negara itu pada akhir 2014 mendatang.

Sumber di Pemerintah Pakistan, mengatakan Baradar mungkin akan dikirim ke Arab Saudi atau Turki sebagai bagian dari proses perundingan itu. Namun para pejabat Pemerintah Pakistan tidak bersedia mengkonfirmasi informasi itu.

Sartaj Aziz, penasihat Pemerintah Pakistan , mengatakan kepada Reuters di Islamabad, bahwa Baradar tidak akan diserahkan ke Afghanistan secara langsung.

”Jelas, Karzai (Hamid Karzai, Presiden Afghanistan, ingin dia diserahkan ke Afghanistan. Tapi, kami merasa jika mereka ingin memainkan peran positif dalam proses rekonsiliasi, maka mereka harus melakukannya sesuai dengan apa yang mereka sepakati dengan Dewan Syura, pemimpin mereka sendiri,” ujar Aziz.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6276 seconds (0.1#10.140)