AS ingin perluas akses di pangkalan-pangkalan militer Filipina

Sabtu, 31 Agustus 2013 - 23:22 WIB
AS ingin perluas akses di pangkalan-pangkalan militer Filipina
AS ingin perluas akses di pangkalan-pangkalan militer Filipina
A A A
Sindonews.com – Amerika Serikat (AS) ingin menggunakan basis militer Filipina untuk jangka waktu hingga 20 tahun mendatang. Demikian dinyatakan oleh seorang pejabat Filipina, Sabtu (31/8/2013).

Dilaporkan, saat ini AS dan Filipina tengah melakukan pembicaraan serius soal penyebaran pasukan AS yang lebih luas di Asia. Negosiasi bertujuan untuk memungkinkan lebih banyak pasukan, kapal, pesawat dan peralatan militer AS lainnya untuk melewati Filipina.

Sejak 1992 hingga kini, Filipina menjadi tuan rumah bagi puluhan ribu tentara AS. "Untuk AS, mereka biasanya memiliki perjanjian seperti ini, yang memiliki durasi 20 tahun. Saat ini, delegasi Filipina tengah kemungkinan durasi yang lebih pendek," kata Carlos Sorreta, Sekretaris Luar Negeri Pemerintahan Filipina.

Dia tidak memberikan kerangka waktu tertentu untuk usulan Filipina itu. Ia hanya menyatakan, "masalah substantif durasi akan tunduk pada diskusi lebih lanjut". Sementara Juru Bicara Kedutaan AS di Filipina, Kurt Hoyer, menolak berkomentar soal usul perunding AS yang telah mengusulkan perjanjian 20 tahun dengan Manila.

Para pejabat Filipina mengatakan, peningkatan kehadiran pasukan AS adalah bagian dari upaya Manila untuk membangun postur pertahanan yang kredibel, karena menghadapi sengketa wilayah di Laut China Selatan dengan China. Manila menuduh China agresif mendorong klaim teritorial atas sebagian besar wilatah Laut Cina Selatan, termasuk perairan dekat pantai Filipina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6835 seconds (0.1#10.140)