Negara-negara Asia Tenggara Sekutu Amerika Serikat

Rabu, 17 Juli 2024 - 14:15 WIB
loading...
Negara-negara Asia Tenggara...
Jembatan Helix terlihat di sebelah resor terpadu Marina Bay Sands, saat senja di kawasan pusat bisnis Singapura. Foto/REUTERS/Kevin Lam
A A A
SINGAPURA - Sejumlah negara di Asia Tenggara merupakan sekutu Amerika Serikat (AS) dalam sejumlah isu. Mereka menjalin hubungan dekat dengan Washington untuk berbagai tujuan.

Berikut ini merupakan sejumlah negara di Asia Tenggara yang menjadi sekutu AS:

1. Filipina


Filipina memiliki hubungan dekat dengan Amerika Serikat sejak lama. Mereka berbagi sejarah kolonial dan memiliki perjanjian pertahanan yang kuat.

Filipina mengandalkan dukungan militer dan keamanan dari AS. Filipina memiliki hubungan dekat dengan Amerika Serikat melalui Perjanjian Pertahanan Saling Membantu (Mutual Defense Treaty) yang menegaskan komitmen bersama dalam pertahanan dan keamanan.

2. Thailand


Thailand adalah sekutu penting di kawasan ini. Mereka memiliki hubungan militer yang erat dengan AS dan berkomitmen penuh terhadap kebijakan keamanan regional yang didukung Amerika Serikat.

Meskipun Thailand juga memiliki hubungan dengan China, negara ini juga membeli senjata dari Amerika Serikat, termasuk kapal selam.

3. Singapura


Negara ini memiliki hubungan ekonomi dan militer yang kuat dengan AS. Perjanjian Kerja Sama Pertahanan (Defense Cooperation Agreement/DCA) antara Singapura dan Amerika Serikat memperkuat kerja sama pertahanan.

DCA menjanjikan peningkatan kerja sama dan interaksi yang lebih erat di antara militer kedua negara.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)