Komandan Taliban minta maaf kepada Malala

Kamis, 18 Juli 2013 - 12:42 WIB
Komandan Taliban minta maaf kepada Malala
Komandan Taliban minta maaf kepada Malala
A A A
Sindonews.com - Seorang komandan Taliban, Adnan Rasheed, menulis surat kepada aktivis perempuan Pakistan, Malala Yousafzai,16. Dalam suratnya, Rasheed meminta maaf dan menyesal, bahwa ia tidak memberikan peringatan sebelum melakukan upaya pembunuhan pada Malala.

”Saya berpikir bagaimana untuk mendekati Anda,” tulis Rasheed, dikutip NBC News. ”Emosi saya adalah persaudaraan untuk Anda, karena kita dari suku yang sama.”

Malala lolos dari maut, setelah kepalanya sempat terkena tembakan dari kelompok Taliban Pakistan, Oktober tahun lalu. Rasheed kaget dengan penembakan Taliban terhadap Malala yang diceritakan semuanya di kantor PBB, tepat di hari ulang tahun Malala, 12 Juli 2013 lalu.

Rasheed, seperti dikutip Xinhua, Kamis (18/7/2013), berdalih, sebenarnya Taliban tidak menyerang Malala, hanya karena dia aktivis pendidikan untuk anak perempuan. Tapi, tindakan Taliban itu dilakukan, karena sikap kritis Malala terhadap kelompok militan itu.

Malala Yousafzai, 16, ditembak dari jarak dekat oleh kelompok bersenjata Taliban pada bulan Oktober 2012 di Lembah Swat di Pakistan barat laut, saat ia pulang sekolah. Dia diterbangkan ke Inggris untuk pengobatan dan belum kembali ke Pakistan, sejak ancaman dari Taliban kian gencar. Pada saat berpidato di forum PBB, Malala berujar; ”pena itu lebih tajam dari pedang.”

”Mari kita mengambil buku dan pena kita. Mereka adalah senjata kita yang paling kuat,” tutur Malala. ”Satu anak, satu guru, satu buku dan satu pena bisa mengubah dunia. Pendidikan adalah satu-satunya solusi. Pendidikan pertama.”
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6773 seconds (0.1#10.140)