Nelson Mandela ulang tahun ke-95 di rumah sakit

Kamis, 18 Juli 2013 - 10:42 WIB
Nelson Mandela ulang tahun ke-95 di rumah sakit
Nelson Mandela ulang tahun ke-95 di rumah sakit
A A A
Sindonews.com – Pahlawan anti-apartheid, Nelson Mandela menghabiskan waktu ulang tahunnya yang ke-95 di Rumah Sakit Pretoria, Kamis (18/7/2013). Warga Afrika Selatan (Afsel) memberikan penghormatan khusus kepada mantan presidennya yang tengah terbaring sakit itu.

Mandela, yang dalam kondisi kritis namun stabil masuk rumah sakit sejak 8 Juni 2013 lalu. Dia menderita infeksi paru-paru. Putri Mandela, Zindzi mengatakan, kondisi kesehatan ayahnya mengalami kemajuan dramatis. ”Saya harus berpikir dia akan pulang dalam waktu dekat,”' katanya kepada Sky TV.

Ulang tahun Mandela dikenang PBB. Perjuangan Mandela untuk rakyat kulit hitam Afsel dan keberhasilannya menciptakan rekonsiliasi menuntunnya untuk meraih hadiah Nobel.

Bapak Afsel yang dikenang dunia dalam perannya mengakhiri apartheid di Afsel, menjadi presiden kulit hitam pertama tahun 1994 dalam Pemilu yang melibatkan semua ras di negara itu.

Putusan Kongres Nasional Afrika (ANC), mengatakan bahwa pada hari ini didedikasikan untuk Mandela yang berusia 95 tahun. Jutaan anak-anak sekolah di seluruh Afsel bernyanyi Happy Birthday to Mandela.

”Mari kita kembali mengenang pengorbanan Madiba (sapaan Mandela) dan kontribusinya melalui usaha kita sendiri untuk membangun masyarakat yang lebih baik,” kata Presiden Afsel, Jacob Zuma.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6088 seconds (0.1#10.140)
pixels