Ketegangan di Laut China Timur kian meningkat

Selasa, 05 Februari 2013 - 21:51 WIB
Ketegangan di Laut China Timur kian meningkat
Ketegangan di Laut China Timur kian meningkat
A A A
Sindonews.com - Sebuah kapal fregat milik militer China dilaporkan telah mengunci target pada kapal Angkatan Laut Jepang. Ini adalah kejadian pertama, persiapan penggunaan senjata terjadi di antara kekuatan kedua negara. Fakta ini kian meningkatkan ketegangan di wilayah Laut China Timur.

"Pada 30 Januari, sesuatu yang seperti radar kontrol tembakan diarahkan pada kapal Pengawal Bela Diri Maritim Jepang di Laut China Timur," kata Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera kepada wartawan di Tokyo, Selasa (5/2/2013).

"Kementerian pertahanan hari ini menegaskan, bahwa radar untuk menargetkan telah digunakan," lanjut Onodera, seperti dikutip dari Japan Today. Ia menambahkan, bahwa sebuah helikopter militer Jepang juga dikunci dengan radar yang sama pada 19 Januari.

Namun, Onodera tidak menjelaskan, apakah helikopter itu tengah berada di udara atau di geladak kapal pada saat dikunci oleh radar China. Menurut para pejabat militer Jepang, penguncian target oleh radar China berlangsung dalam hitungan menit.

"Mengarahkan radar tersebut sangat normal," katanya. "Kami mengakui itu bisa menciptakan situasi yang sangat berbahaya, jika terjadi salah langkah. Kami meminta pihak China untuk menahan diri dari mengambil tindakan berbahaya tersebut,” lanjut Onodera.

Hisao Iwashima, seorang analis pertahanan Jepang, yang juga mantan pejabat di Japan National Institute for Defense Studies mengatakan, Beijing harus menjelaskan apa yang sudah dilakukan oleh Angkatan Lautnya.

“Itu bisa saja tes, tetapi pihak Jepang tidak akan tahu apakah itu tes atau bukan, jika hal itu akan menyebabkan peluncuran," katanya. "Pihak Cina bertanggung jawab untuk menjelaskan mengapa mengambil tindakan berpotensi berbahaya tersebut," lanjutnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5781 seconds (0.1#10.140)