Korban Tewas Virus Corona di Seattle Bertambah Jadi 6 Orang

Selasa, 03 Maret 2020 - 08:45 WIB
Korban Tewas Virus Corona di Seattle Bertambah Jadi 6 Orang
Korban Tewas Virus Corona di Seattle Bertambah Jadi 6 Orang
A A A
KIRKLAND - Enam orang di wilayah Seattle tewas akibat virus corona baru (Covid-19). Otoritas di penjuru Amerika Serikat (AS) meningkatkan berbagai upaya untuk menghadapi infeksi lebih luas dengan menambah kapasitas tes virus.

Pejabat kesehatan untuk Seattle dan badan Kesehatan Publik King County Dr Jeff Duchin mengumumkan peningkatan korban tewas itu dari sebelumnya dua orang di negara bagian Washington.

"Delapan dari 14 kasus di wilayahnya terkait wabah di fasilitas perawatan di Kirkland, pinggiran Seattle, termasuk empat orang tewas," papar Duchin saat konferensi pers.

Menurut Duchin, sebanyak empat dari enam orang yang tewas adalah lanjut usia (lansia) atau memiliki catatan kondisi kesehatan atau keduanya.

Meski demikian, Wakil Presiden AS Mike Pence menjelaskan, risiko warga AS terjangkit virus corona masih rendah.

Sebelumnya, dua pejabat senior menjelaskan pemerintahan Presiden AS Donald Trump mempertimbangkan mengeluarkan deklarasi darurat untuk membantu penanganan wabah di negara bagian dan wilayah untuk merespon virus corona.

Trump juga menjelaskan, pengetatan perjalanan di sejumlah wilayah terjangkit virus juga dalam pertimbangan pemerintah.

Komisioner Badan Makanan dan Obat Stephen Hahn memperkirakan hingga akhir pekan ini otoritas menyelesaikan tes virus corona untuk 1 juta orang.

Total kasus yang dideteksi sistem kesehatan publik di Washington kini sebanyak 18 orang, terbesar di antara negara bagian AS lainnya. Selain 13 kasus di King County, empat warga di wilayah Snohomish County juga dites positif virus corona.

"Kami perkirakan jumlah kasus akan terus meningkat dalam beberapa hari dan pekan, dan kami menganggap situasi ini sangat serius," ujar Duchin.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7070 seconds (0.1#10.140)