Laboratorium Virus Wuhan Punya 3 Jenis Virus Corona

Minggu, 24 Mei 2020 - 16:31 WIB
loading...
Laboratorium Virus Wuhan Punya 3 Jenis Virus Corona
Lab virologi Wuhan memiliki 3 strain virus Corona yang berasal dari kelelawar, namun tidak ada yang cocok dengan Covid-19. Foto/Business Insider
A A A
BEIJING - Lembaga virologi China yang berada di kota tempat pertama kali virus Covid-19 muncul, Wuhan, memiliki tiga jenis virus Corona yang berasal dari kelelawar. Namun, dari ketiganya, tidak ada yang cocok dengan jenis virus yang menimbulkan kekacauan di seluruh dunia.

Para ilmuwan berpikir Covid-19 - yang pertama kali muncul di Wuhan dan telah membunuh sekitar 340.000 orang di seluruh dunia - berasal dari kelelawar dan bisa ditularkan ke manusia melalui mamalia lain.

Tetapi direktur Institut Virologi Wuhan mengatakan kepada stasiun televisi pemerintah, CGTN, bahwa klaim yang dibuat oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan yang lainnya bahwa virus tersebut bocor dari fasilitas itu adalah "fabrikasi murni".

Dalam wawancara yang difilmkan pada 13 Mei tetapi disiarkan pada Sabtu malam, Wang Yanyi mengatakan bahwa lembaga yang dipimpinnya itu telah mengisolasi dan memperoleh beberapa virus Corona dari kelelawar.

"Sekarang kami memiliki tiga jenis virus hidup. Tetapi kesamaan tertinggi mereka dengan SARS-CoV-2 hanya mencapai 79,8 persen," katanya, merujuk pada jenis virus Corona yang menyebabkan Covid-19 seperti dilansir dari Al Arabiya, Minggu (24/5/2020).

Salah satu tim riset mereka, yang dipimpin oleh Profesor Shi Zhengli, telah meneliti virus Corona kelelawar sejak 2004 dan berfokus pada penelusuran sumber SARS, strain di balik wabah virus lain hampir dua dekade lalu.

"Kita tahu bahwa seluruh genom SARS-CoV-2 hanya 80 persen mirip dengan SARS. Ini perbedaan yang jelas," urainya.

"Jadi, dalam penelitian Profesor Shi yang lalu, mereka tidak memperhatikan virus seperti itu yang kurang mirip dengan virus SARS," ungkapnya.

Laboratorium itu mengatakan telah menerima sampel virus yang tidak diketahui pada 30 Desember, menentukan urutan genom virus pada 2 Januari dan menyerahkan informasi tentang patogen tersebut ke WHO pada 11 Januari.

Wang mengatakan sebelum menerima sampel pada bulan Desember, tim mereka tidak pernah menemukan, meneliti atau menyimpan virus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)