UE Sepakat Perpanjangan Brexit Tanpa Batas Tanggal yang Pasti

Sabtu, 26 Oktober 2019 - 18:23 WIB
UE Sepakat Perpanjangan...
UE Sepakat Perpanjangan Brexit Tanpa Batas Tanggal yang Pasti
A A A
LONDON - Uni Eropa (UE) menyetujui permintaan Inggris untuk perpanjangan batas waktu Brexit tapi tanpa menetapkan tanggal baru.

Keputusan UE itu memberi waktu pada parlemen untuk memutuskan desakan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson untuk segera menggelar pemilu.

"Ada kesepakatan penuh tentang perlunya perpanjangan," papar pejabat UE setelah para duta besar dari 27 negara membahas penundaan Brexit, kurang dari sepekan sebelum batas waktu saat ini 31 Oktober.

Pejabat UE itu menambahkan, "Pekerjaan akan dilanjutkan selama akhir pekan." Para pejabat UE bertemu lagi di Brussels pada Senin (28/10) atau Selasa (29/10).

Sehari setelah mengakui bahwa dia tidak dapat memenuhi batas waktunya pada 31 Oktober, Johnson menyatakan terserah pada UE untuk memutuskan tentang perpanjangan Brexit.

"Tentu saja 31 Oktober masih mungkin, kita dapat keluar pada 31 Oktober, sayangnya itu tergantung pada apa yang UE katakan," kata Johnson, dilansir Reuters.

Para diplomat UE akan membahas masa penundaan ketiga untuk Brexit tapi mereka memutuskan untuk menahannya seiring perkembangan di London. "Semua orang ingin keputusan hari ini. Tapi Prancis memiliki masalah dengan itu dan ingin menunggu hingga Senin atau Selasa untuk melihat apa yang terjadi di London," papar diplomat itu.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)