Demonstran Duduki Bandara Hong Kong, Penerbangan Lumpuh

Senin, 12 Agustus 2019 - 19:48 WIB
Demonstran Duduki Bandara Hong Kong, Penerbangan Lumpuh
Demonstran Duduki Bandara Hong Kong, Penerbangan Lumpuh
A A A
HONG KONG - Otoritas bandara Hong Kong membatalkan penerbangan keberangkatan setelah ribuan demonstran pro-demokrasi menduduki salah satu pusat perjalanan udara tersibuk di dunia tersebut, Senin (12/8/2019). Massa membawa rambu bertuliskan "Hong Kong Tidak Aman" dan "Malu pada Polisi".

"Selain penerbangan keberangkatan yang telah menyelesaikan proses check-in dan penerbangan kedatangan sudah menuju ke Hong Kong, semua penerbangan lainnya telah dibatalkan untuk sisa hari ini," kata otoritas bandara. (Baca juga: Massa Duduki Bandara Internasional Hong Kong, Ini Imbauan bagi WNI )

Aksi massa menduduki bandara ini terjadi pada hari keempat demonstrasi sejak pekan lalu. Aksi massa ini masuk minggu ke-10 sejak demo besar melanda wilayah tersebut.

Menurut otoritas bandara, jalan menuju bandara macet dan tempat parkir penuh. Baik demonstran maupun pihak kepolisian Hong Kong tidak menunjukkan tanda-tanda untuk mundur. (Baca juga: China Desak AS Setop Intervensi Urusan Hong Kong )

Pemerintah China mengisyaratkan kemarahan yang meningkat pada para demonstran. Beijing mengecam beberapa demonstrasi kekerasan sebagai "terorisme".

Kelompok-kelompok hak asasi manusia dan aktivis demokrasi menuduh polisi menggunakan kekuatan berlebihan. Ini setelah polisi menembakkan gas air mata ke stasiun kereta bawah tanah yang tertutup. Petugas dituding berpura-pura sebagai pengunjuk rasa sebelum melakukan penangkapan selama akhir pekan yang intens terjadi bentrokan.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5457 seconds (0.1#10.140)