Pemberontak Suriah Tangkap Asisten Bos ISIS al-Baghdadi

Sabtu, 01 Desember 2018 - 03:07 WIB
Pemberontak Suriah Tangkap...
Pemberontak Suriah Tangkap Asisten Bos ISIS al-Baghdadi
A A A
BEIRUT - Kelompok pemberontak Suriah yang didukung Amerika Serikat (AS) menangkap seorang petinggi kelompok Islamic State atau ISIS. Pentolan kelompok ekstremis yang ditangkap itu adalah Osama al-Awaid, asisten pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

Pasukan Demokratik Suriah (SDF), salah satu faksi oposisi anti-rezim Presiden Bashar al-Assad, mengumumkan penangkapan Awaid dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Sabtu (1/12/2018). SDF merupakan aliansi milisi Kurdi yang berkuasa atas seperempat wilayah timur Eufrat, Suriah.

Menurut SDF, Osama al-Awaid ditangkap pekan lalu. Asisten al-Baghdadi itu saat ini menjadi sandera SDF.

Pasukan SDF telah berusaha untuk mengambil alih wilayah Suriah di tepi sungai Eufrat yang dekat dengan Irak selama berminggu-minggu. Upaya mereka mendapat dukungan serangan udara Amerika Serikat.

Mereka menangkap Awaid dalam operasi khusus di sebuah desa di Suriah timur. Menurut SDF, Awaid telah menjadi pejabat keamanan senior kelompok ISIS.

Lebih dari satu tahun setelah "kekhalifahan" ISIS runtuh di Suriah dan Irak di bawah serangan militer banyak negara, keberadaan al-Baghdadi tetap menjadi misteri.

Namun, terlepas dari kehilangan wilayahnya, kelompok itu telah mampu melancarkan serangan gerilya di daerah-daerah yang dikuasai oleh pemerintah Suriah dan Irak.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2232 seconds (0.1#10.140)