Profil Abu al-Hassan al-Hashemi al-Quraishi, Pemimpin ISIS yang Meledakkan Dirinya Saat Dikepung

Selasa, 06 Desember 2022 - 12:05 WIB
loading...
Profil Abu al-Hassan al-Hashemi al-Quraishi, Pemimpin ISIS yang Meledakkan Dirinya Saat Dikepung
Pemimpin ISIS Abu al-Hassan al-Hasemi al-Quraishi yang tewas dalam pertempuran. Foto/gazzettadelsud.it
A A A
BAGHDAD - Abu al-Hassan al-Hasemi al-Quraishi adalah seorang pemimpin Negara Islam (ISIS) yang dikabarkan tewas dalam pertempuran pada pertengahan Oktober 2022.

Kabar kematiannya itu diumumkan juru bicara ISIS. Dirinya disebut tewas setelah meledakkan diri, kala dikepung musuh-musuhnya.

Al-Quraishi adalah pemimpin ISIS kedua yang terbunuh pada tahun ini. Kematiannya itu tentu saja beriringan dengan usaha ISIS untuk bangkit kembali dengan melakukan serangan mematikan di Suriah dan Irak.

Sebelum terbunuh, dia disebut sudah membunuh beberapa musuhnya. Melansir Reuters, al-Quraishi tewas saat tentara pembebasan Suriah melakukan pemberontakan.

Baca juga: Jet Tempur Tak Berawak Pertama Turki Siap Terbang Perdana

Kematiannya ini sudah tentu menjadi pukulan tersendiri bagi ISIS. Sementara itu, diketahui tidak ada satu pun pasukan militer Amerika Serikat (AS) yang terlibat dalam pertempuran itu.

Lantas, seperti apa sosok al-Quraishi? Al-Quraishi menjadi pemimpin ISIS sejak 4 Februari 2022 hingga kematiannya pada Oktober 2022.

Ia lahir di Irak dan dikenal pula dengan nama Sayf al-Baghdad. Berbagai sumber menyebut, al-Quraishi sebelumnya pernah ditangkap di Istanbul, Turki pada Mei 2022.

Baca juga: AS Diam-diam Modifikasi HIMARS yang Dikirim ke Ukraina, Tujuannya…

Pihak intelijen Turki terlebih dahulu berhasil melacak pergerakannya di Suriah dalam periode yang sangat lama.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2255 seconds (10.55#12.26)