Mengamuk, Demonstran Irak Bakar Konsulat Iran di Basra

Sabtu, 08 September 2018 - 03:21 WIB
Mengamuk, Demonstran Irak Bakar Konsulat Iran di Basra
Mengamuk, Demonstran Irak Bakar Konsulat Iran di Basra
A A A
BASRA - Para demonstran Irak menyerbu dan membakar konsulat Iran di Kota Basra, Irak, hari Jumat. Mereka mengamuk setelah krisis air minum, listrik dan minimnya lapangan pekerjaan.

Kota minyak tersebut telah dilanda protes terkait layanan publik yang buruk dan korupsi sejak awal pekan ini.

Menurut laporan Reuters, Sabtu (8/9/2018), dalam demo rusuh hari Jumat, satu orang dilaporkan tewas dan 11 orang lainnya terluka.

Massad demonstran menyerang gedung-gedung pemerintah, serta markas besar partai-partai politik yang memiliki hubungan dengan Iran.

Sedikitnya 10 pemrotes tewas sejak Senin lalu dalam bentrokan dengan pasukan keamanan Irak. Mereka menuduh partai politik korup yang memungkinkan infrastruktur kota runtuh. Mereka menyalahkan Iran karena mengganggu politik Irak.

Sebelum membakar konsulat, massa demonstran menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneriakkan slogan anti-Iran di depan konsulat. Massa menuduh Iran secara langsung memotong pasokan air ke Basra, yang terletak sekitar 30 km dari perbatasan Iran.

Para pejabat keamanan Irak telah mengumumkan jam malam di seluruh Kota Basra di tengah kerusuhan yang sedang berlangsung. Pengumuman disampaikan militer.

Jam malam sebenarnya telah direncanakan untuk diberlakukan mulai hari Kamis, namun dibatalkan beberapa menit kemudian. Pada hari Jumat, jam malam akhirnya diberlakukan.

Kementerian Luar Negeri Irak telah mengutuk kekerasan. Amuk demonstran, kata kementerian tersebut, telah merugikan kepentingan negara.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6405 seconds (0.1#10.140)