Analis: Baghdad Harus Hukum Milisi Iran karena Bunuh Warga Irak

Senin, 20 Juli 2020 - 06:00 WIB
loading...
Analis: Baghdad Harus Hukum Milisi Iran karena Bunuh Warga Irak
Ilustrasi
A A A
BAGHDAD - Michael Pregent, seorang analis dari Hudson Institute, Amerika Serikat (AS) menuturkan, Irak harus menghukum milisi, khususnya milisi pro-Iran karena membunuh warga Irak. Kelompok milisi Iran diduga berada di balik pembunuhan Hisham al-Hashemi.

Al-Hashemi adalah seorang peneliti Irak yang terkenal dan berpengaruh pada kelompok-kelompok ekstremis Sunni, termasuk ISIS dan sering berkonsultasi dengan media dan pemerintah asing mengenai politik domestik Irak dan kelompok-kelompok Syiah bersenjata.

"Ini kerugian besar dan merupakan kesalahan untuk membunuh al-Hashemi. Perdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhimi harus melakukan sesuatu tentang ini, tetapi akan sangat terbuka ketika dia tidak dapat melakukannya, karena Dewan Perwakilan dan tekanan dari Iran," ucap Pregent, seperti dilansir Al Arabiya.

(Baca: Sambangi Irak, Menlu Iran Bakal Bahas Pembunuhan Jenderal Soleimani )

Irak telah berjuang selama bertahun-tahun untuk memadamkan pengaruh Iran di negara itu dan memerintah di milisi yang didukung Iran.

Dia menuturkan, Pasukan Mobilisasi Populer adalah bagian sah dari pemerintah Irak, namun mereka menjawab ke Teheran. "AS harus menggunakan pengungkitnya di sini dan menyangkal pendanaan Baghdad, untuk membuat Baghdad melakukan sesuatu tentang Iran dan masalah milisinya," ujarnya.

Ketika al-Kadhimi menjadi perdana menteri pada bulan Mei, ia dipilih sebagian karena janjinya untuk membatasi akses senjata kepada individu-individu dalam pemerintahan dan meminta pertanggungjawaban mereka yang telah membunuh pengunjuk rasa selama bulan-bulan sebelum kerusuhan. Hingga saat ini, lebih dari 600 demonstran telah tewas di Irak.

“Sekarang, ketika saya mengatakan membuat Baghdad tidak disukai, itu tidak berarti menempatkan orang Irak tidak disukai, kita perlu mendukung gerakan pemuda belaka. Kita perlu mendukung sekutu Sunni kita, dan provinsi Al Anbar, Salah ad Din dan Nineveh. Kita perlu mendukung sekutu Kurdi kita,” katanya.

(Baca: Iran Tangkap Puluhan Demonstran Anti Pemerintah )

"Kita perlu melihat orang Irak - 80 persen di antaranya menentang campur tangan Iran di dalam Irak - dan serius tentang pengaruh kita dan serius tentang pelanggaran hak asasi manusia," sambungnya.

Dia menyimpulkan bahwa Irak harus meminta pertanggungjawaban para milisi ini karena membunuh para demonstran Irak dan mereka harus mengejar orang-orang yang berpandangan sebaliknya, sementara para milisi ini membunuh para demonstran Irak.

"Sekarang ada kampanye pembunuhan terhadap influencer, seperti Hisyam dan jurnalis lainnya dan orang-orang lain yang telah cukup banyak menyoroti campur tangan Iran di Irak," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)