Lima Senapan Militer Paling Berbahaya di Planet Bumi

Kamis, 26 Juli 2018 - 13:08 WIB
Lima Senapan Militer Paling Berbahaya di Planet Bumi
Lima Senapan Militer Paling Berbahaya di Planet Bumi
A A A
JAKARTA - Peperangan pada periode pasca peristiwa 11 September berfokus pada infantri, dengan pasukan darat beraksi dalam unit-unit kecil menghadapi gerilyawan. Bertempur di berbagai macam medan, mulai dari daerah gurun yang gersang hingga hutan dan bahkan kota, pasukan infanteri mengandalkan servis senapan mereka untuk menyelesaikan misi.

Berikut adalah lima senjata terbaik di muka bumi seperti disitir dari laman National Interest.org, Kamis (26/7/2018).

1. M4 Carbine
Senjata ini awalnya dikembangkan oleh Colt guna memenuhi kontrak untuk Uni Emirat Arab (UEA), M4 kemudian digunakan oleh Angkatan Darat dan Korps Marinir Amerika Serikat (AS).
Lima Senapan Militer Paling Berbahaya di Planet Bumi

M4 sangat mirip dengan senapan serbu M16A2, tetapi memiliki laras yang lebih pendek. M4 memiliki laras 14,5 inci, sementara M16 mempunyai laran 20 inci. Seperti M16A2, M4 menembakkan peluru kaliber 5.56 milimeter dari magazine yang berisi tiga puluh peluru. Senapan serbu ini memiliki mode semi otomatis dan dapat memuntahkan tiga butir peluru.

Baru-baru ini, sebagai hasil dari pengalaman medan perang dengan M4, Angkatan Darat AS memutuskan untuk meningkatkan senjata ini ke standar M4A1. M4A1 memiliki barel tebal untuk retensi akurasi selama tembakan berkelanjutan, pemicu yang ditingkatkan, kontrol keamanan ambidextrous, dan kemampuan untuk menembak secara otomatis penuh.

2. SA80A2 Rifle
Senapan serbu ini menjadi andalan Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Inggris. SA80 pertama kali muncul pada 1980-an sebagai pengganti senapan perang L1A1. Senapan ini adalah senjata konfigurasi bullpup, dengan magazine ditempatkan di belakang pemicu. Ini membuat sistem senjata lebih kompak.
Lima Senapan Militer Paling Berbahaya di Planet Bumi

Seperti M4A1, SA80A2 menggunakan peluru kaliber 5,56 milimeter dan dapat menggunakan magazine yang sama. Tidak seperti karabin AS, Inggris menggunakan sistem gas piston short stroke.

Pada tahun 2002, senjata-senjata ini di-upgrade untuk mengatasi berbagai kekurangan, termasuk modifikasi baut, ekstraktor dan perakitan hammer, yang sangat meningkatkan keandalan senjata. Selain pasukan Inggris, SA80 telah dijual ke sejumlah negara Persemakmuran, tetapi penjualan luar negeri sebagian besar tidak pernah terwujud.

3. FAMAS
Fusil d’Assaut de la Manufacture d'Armes de Saint-Étienne, atau senapan serbu FAMAS, diadopsi oleh Prancis pada akhir tahun 1970-an. Senapan serbu ini adalah konfigurasi bullpup, seperti SA80A2, yang menjadi standar dengan peluru kaliber 5,56 milimeter dari magazine yang berisi 25 peluru.
Lima Senapan Militer Paling Berbahaya di Planet Bumi

Senjata produksi GIAT ini memiliki panjang keseluruhan 29 inci dengan laras 19 inci, hampir sepanjang senapan. Berat senjata ini hanya 7,96 pon atau 3,61 kg. Menarikanya, tidak seperti senapan serbu infantri standar, FAMAS memiliki view tritium radioaktif untuk menembak di malam hari dan bipod built-in dengan arms yang berputar ke atas dan menyimpan laras di atas.

Sistem blowback FAMAS memberi hasil yang lebih besar daripada senjata lain dalam kategori ini. Sayangnya, Angkatan Darat Prancis akan mengganti FAMAS dengan Heckler dan Koch 416.

4. HK416/M27
Senapan serbu Heckler dan Koch 416 bisa dibilang merupakan langkah maju dari M4. Secara lahiriah mirip dengan M4 dalam penampilan, secara internal senapan ini menggunakan sistem operasi gas-piston, bukan sistem direct-impingement yang digunakan oleh M4. Namun, HK416 sedikit lebih berat di depan.
Lima Senapan Militer Paling Berbahaya di Planet Bumi

Sementara M4 dan HK416 berbagi putaran magazine dan peluru yang sama yaitu 5,56 mm, senjata keluaran Jerman ini memiliki laras 16 inci lebih panjang, memberikan sedikit peningkatan dalam jangkauan dan kecepatan.

Senapan serbu ini digunakan Infantry Automatic Rifle M27 Korps Marinir AS, dan sedang diproduksi untuk semua infanteri laut.

5. AK-47M
Senjata standar Angkatan Darat Rusia adalah AK-74M. Dikembangkan pada tahun 1970 sebagai pengganti AK47 yang ikonik. Perbedaan utama antara kedua senjata itu terletak pada penggunaan amunisi yang lebih kecil, lebih ringan 5,45 mm.
Lima Senapan Militer Paling Berbahaya di Planet Bumi

Senjata ini digunakan dalam pendudukan Soviet di Afghanistan dan dikeluarkan untuk unit-unit garis depan Soviet, terutama angkatan udara, infanteri angkatan laut dan unit-unit tentara konvensional yang berbasis di Jerman.

Senapan ini memiliki popor yang bisa dilipat ke samping, laras 16,3 inci dan panjang keseluruhan 37 inci. Pada tahun 2015, Angkatan Darat Rusia mengadopsi sejumlah upgrade gaya Barat ke AK-74M, termasuk stok kerangka dengan las pipi yang dapat disesuaikan, sistem pemasangan aksesori rel yang mirip dengan M4 yang dikembangkan oleh Piccatinny Arsenal, foregrip dan rem moncong yang ditingkatkan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4729 seconds (0.1#10.140)