Keluar dari Dewan HAM, PBB Tunggu Pemberitahuan Resmi AS

Kamis, 21 Juni 2018 - 14:35 WIB
Keluar dari Dewan HAM, PBB Tunggu Pemberitahuan Resmi AS
Keluar dari Dewan HAM, PBB Tunggu Pemberitahuan Resmi AS
A A A
NEW YORK - Majelis Umum PBB mengatakan menunggu pemberitahuan dari Amerika Serikat (AS) terkait penarikan diri negara itu dari Dewan Hak Asasi Manusia (HAM). Ini diperlukan sebagai langkah pertama untuk menunjuk pengganti AS.

Juru bicara Majelis Umum PBB, Brenden Varma mengatakan, resolusi 2006 yang menciptakan lembaga yang berbasis di Jenewa itu tidak menyebutkan kemungkinan pengunduran diri namun hanya menentukan cara 47 kursi yang akan didistribusikan di antara lima kelompok regional PBB.

Karena AS adalah anggota utama kelompok Barat, sebuah negara kandidat atau kandidat lainnya harus berasal dari kelompok itu, yang dikenal sebagai Eropa Barat atau kelompok lain seperti dikutip dari AP, Kamis (21/6/2018).

Setelah nama atau nama negara diajukan, tanggal akan dipilih oleh PBB dan Presiden Majelis Miroslav Lajcak untuk dipilih oleh 193 anggota Majelis Umum.

AS lewat Duta Besarnya untuk PBB, Nikki Haley, Menteri Luar Negeri Michael Richard Pompeo menyatakan mengundurkan dari dari Dewan HAM PBB. AS memutuskan keluar dari Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB sebagai pembelaannya terhadap Israel. Washington menuduh menuduh badan PBB itu munafik bersikap bias terhadap sekutu utamanya.

”AS secara resmi menarik diri dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB," kata Haley. ”Organisasi munafik dan melayani diri sendiri, yang membuat ejekan terhadap hak asasi manusia,” katanya lagi.

Baca Juga: Bela Israel, AS Keluar dari Dewan HAM PBB
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6828 seconds (0.1#10.140)