Trump-Jong-un Tandatangani Dokumen Komprehensif

Selasa, 12 Juni 2018 - 14:02 WIB
Trump-Jong-un Tandatangani Dokumen Komprehensif
Trump-Jong-un Tandatangani Dokumen Komprehensif
A A A
SINGAPURA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menandatangani dokumen komprehensif. Penandatanganan itu menyusul pertemuan bersejarah di Singapura yang ditujukan untuk denuklirisasi Semenanjung Korea.

Tidak ada rincian tentang isi dokumen tetapi Trump mengatakan dia mengharapkan proses denuklirisasi dilakukan dengan "sangat, sangat cepat".

Sebelum menandatangani apa yang disebut Trump sebagai "surat komprehensif", Kim Jong-un mengatakan kedua pemimpin memiliki pertemuan bersejarah dan memutuskan untuk meninggalkan masa lalu di belakang. Dunia akan melihat perubahan besar.

Trump menimpali pernyataan Jong-un dengan mengatakan ia telah membentuk ikatan sangat istimewa dengan Kim Jong-un dan hubungan dengan Korut akan sangat berbeda.

"Orang-orang akan sangat terkesan dan orang-orang akan sangat bahagia dan kami akan mengurus masalah yang sangat berbahaya bagi dunia," kata Trump seperti dilansir dari Reuters, Selasa (12/6/2018).

Ditanya apakah dia akan mengundang Kim Jong-un ke Gedung Putih, Trump berkata: "Tentu saja, saya akan mengundangnya."

Lebih jauh, Trump menyanjung diktator muda Korut dengan menyebutnya sangat pintar dan negosiator sangat keras.

“Saya belajar dia adalah pria yang sangat berbakat. Saya juga belajar bahwa dia sangat mencintai negaranya," puji Trump.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8466 seconds (0.1#10.140)
pixels