Wanita Kulit Hitam Menang Nominasi Gubernur Georgia

Kamis, 24 Mei 2018 - 13:04 WIB
Wanita Kulit Hitam Menang Nominasi Gubernur Georgia
Wanita Kulit Hitam Menang Nominasi Gubernur Georgia
A A A
WASHINGTON - Pemilih Partai Demokrat membuka peluang sejarah pada November mendatang dengan memilih tiket yang diisi oleh para kandidat perempuan, termasuk Stacey Abrams sebagai nominasi gubernur perempuan Afro-Amerika pertama di Georgia, Amerika Serikat (AS).

Abrams menang nominasi Demokrat untuk gubernur Georgia, tempat dia akan menghadapi lawan dari Partai Republik yang telah mendominasi negara bagian itu. Dia akan maju sebagai calon yang dipilih oleh para pemilih di empat negara bagian untuk pemilu tengah periode November mendatang.

Sejarah ditulis saat Abrams menjadi perempuan kulit hitam pertama di AS yang menang nominasi untuk kursi gubernur Georgia. “Sejarah negara kita yang kaya dan rumit sepanjang memori kita pada malam seperti malam ini, saat sesuatu yang tak terduga menjadi nyata,” kata Abrams pada para pendukungnya.

Dia menyatakan Georgia sebagai tempat bagi gerakan hak asasi sipil. Dalam kontes untuk kursi itu, Abrams akan memobilisasi pemilih kulit hitam untuk membentuk koalisi dengan kulit putih progresif.

Abrams berhasil mengalahkan Stacey Evans, kandidat kulit putih yang berpendapat Demokrat tak dapat menang tanpa meyakinkan pemilih moderat kulit putih yang juga dapat berpindah partai.

Sejumlah pemilihan di Texas dan Kentucky juga membawa perempuan sebagai nominasi untuk calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS. Demokrat masih perlu merebut 23 kursi dari Republik untuk dapat mengontrol DPR.

Demokrat Kentucky memilih mantan pilot jet tempur Marinir Amy McGrath untuk kursi DPR di distrik itu. Demokrat berharap meraih kursi dari wilayah tersebut. Komite Kampanye Kongres Demokrat (DCCC) sebelumnya mempromosikan lawannya, Walikota Lexington Jim Gray untuk menghadapi anggota DPR Andy Barr dari Republik pada November. (Syarifudin)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6472 seconds (0.1#10.140)