Kapal Kargo Turki Tabrak Kapal Perang Yunani di Laut Aegea

Sabtu, 05 Mei 2018 - 01:37 WIB
Kapal Kargo Turki Tabrak Kapal Perang Yunani di Laut Aegea
Kapal Kargo Turki Tabrak Kapal Perang Yunani di Laut Aegea
A A A
ATHENA - Sebuah kapal perang Yunani yang berpatroli untuk mencegah masuknya migran ilegal ditabrak oleh kapal kargo Turki di Laut Aegea pada hari Jumat. Setelah menabrak, kapal Turki melesat pergi.

Kapal perang bernama Armatolos, sedang berpatroli di lepas pantai pulau Lesbos sebagai bagian dari operasi NATO. Namun, kapal itu tiba-tiba ditabrak kapal Turki sekitar pukul 04.00 pagi waktu setempat.

Angkatan Laut Yunani mengatakan, kapal kargo pergi tanpa mengindahkan panggilan radio yang menyerukannya untuk berhenti. Panggilan radio tersebut dibuat oleh kapal perang Armtolos.

"Kapal berbendera Turki mendekati dan menabrak ​​kapal perang Yunani," kata Angkatan Laut Yunani dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AP, Sabtu (5/5/2018).

Tak ada korban luka maupun korban jiwa dalam insiden ini. Kapal perang yang ditabrak juga tidak mengalami kerusakan parah.

Meski sama-sama anggota NATO, Yunani dan Turki kerap bersitegang terkait sengketa teritorial Aegea. Ketegangan meningkat sejak April lalu setelah bendera Yunani dikibarkan di pulau sengketa di Laut Aegea.

Kementerian Transportasi Turki mengonfirmasi bahwa tabrakan kapal tersebut tidak menyebabkan korban di pihak Ankara.

"Kami telah menerima informasi bahwa tidak ada ancaman tenggelam, korban jiwa atau pun pencemaran lingkungan," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Pihak Athena menyalahkan kapal Turki sebagai penyebab tabrakan. Kapal kargo tersebut dituduh melanggar peraturan keselamatan pelayaran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0806 seconds (0.1#10.140)