Rusia Sangkal Racun Novichok Berasal dari Lab Militernya

Sabtu, 07 April 2018 - 10:37 WIB
Rusia Sangkal Racun Novichok Berasal dari Lab Militernya
Rusia Sangkal Racun Novichok Berasal dari Lab Militernya
A A A
MOSKOW - Rusia membantah laporan media Inggris yang menyebut zat saraf yang digunakan terhadap mantan agen ganda Kremlin berasal dari lab militernya. Lab itu berada di dalam fasilitas militer Rusia di Sungai Volga.

Pada Kamis, surat kabar The Times mengutip sumber keamanan Inggris yang mengatakan mereka percaya bahwa zat saraf Novichok dibuat di sebuah fasilitas di kota Shikhany, tenggara Moskow.

Beberapa pejabat Rusia mengatakan bahwa tidak ada senjata kimia yang pernah disimpan di Shikhany.

"Laboratorium ini tidak pernah menjadi bagian dari lingkup kerja kami," kata Mikhail Babich, utusan Kremlin di wilayah Volga dan mantan ketua komisi negara untuk perlucutan senjata kimia.

"Semua pangkalan di mana senjata kimia disimpan sangat terkenal. Syaikhany bukan salah satu dari mereka," imbuh Babich seperti dikutip dari AFP, Sabtu (7/4/2018).

Ia menambahkan dulu ada "fasilitas" lain di wilayah sekitar Saratov, tetapi itu tidak terletak di Shikhany.

Laporan Times muncul setelah laboratorium pertahanan Inggris yang menganalisis zat saraf tidak bisa mengatakan apakah zat itu berasal dari Rusia.

Kota tertutup Shikhany adalah lokasi cabang dari Institut Penelitian Ilmiah Kimia Organik dan Teknologi Negara (GNIIOKhT).

Menurut situs GNIIOKhT, cabangnya di Shikhany sekarang terlibat dalam pekerjaan yang berkaitan dengan "menjamin keamanan" negara dan penghancuran senjata kimia.

Pihak berwenang Rusia bersikeras bahwa negara itu tidak pernah memiliki program untuk mengembangkan senjata kimia.

Pada September 2017, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Moskow telah menghancurkan senjata kimia terakhirnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5034 seconds (0.1#10.140)