Jadi Mata-mata Rusia, Eks Satpam Kedubes Inggris Dibui 13 Tahun

Jum'at, 17 Februari 2023 - 19:36 WIB
loading...
Jadi Mata-mata Rusia, Eks Satpam Kedubes Inggris Dibui 13 Tahun
David Smith, difoto diam-diam selama pertemuan dengan agen rahasia. Foto/The Guardian
A A A
LONDON - Seorang mantan satpam Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Berlin, Jerman, dipenjara lebih dari 13 tahun karena mengkhianati negara dan rekannya dengan menjual rahasia ke Rusia .

David Smith, mantan satpam di kedutaan Inggris di Jerman, termotivasi oleh dukungannya kepada presiden Rusia, Vladimir Putin, dan kebenciannya terhadap Inggris ketika dia mulai mengumpulkan dokumen rahasia pada tahun 2018.

Dia mengirim dua surat kepada pejabat senior di kedutaan Rusia pada tahun 2020, salah satunya mengungkapkan identitas seorang diplomat yang pernah bekerja di Rusia – disebut sebagai X – serta detail koleganya.

Polisi melancarkan penyelidikan setelah surat kedua Smith kepada atase militer di kedutaan Rusia pada November 2020 ditelusuri kembali kepadanya. Dalam operasi penyamaran pada Agustus 2021, dua petugas yang menyamar dikerahkan sebagai pembelot dan petugas intelijen palsu Rusia.

Setelah penangkapannya, polisi menemukan Smith menyimpan dokumen sensitif dan rahasia, termasuk korespondensi dengan Perdana Menteri Boris Johnson dari para menteri.

Smith (58) mengaku bersalah atas delapan dakwaan berdasarkan Undang-Undang Rahasia Negara dengan melakukan tindakan yang merugikan keselamatan atau kepentingan negara.

Pengadilan diberitahu tentang konsekuensi "berpotensi bencana" untuk "setiap dan seluruh" pejabat Inggris di Berlin, dengan biaya yang harus dibayar pembayar pajak untuk memperbarui keamanan diperkirakan 820 ribu poundsterling atau sekitar Rp14,8 miliar.

"Staf kedutaan ditinggalkan dengan perasaan marah, dikhianati, dan kesal serta prihatin atas implikasi detail mereka yang dibagikan dengan aktor negara yang bermusuhan," kata pengadilan seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (17/2/2023).

Aksi spionase yang dilakukan Smith dapat merusak negosiasi perdagangan internasional Inggris dan terjadi pada saat Inggris "menyerukan" tindakan terhadap Rusia, termasuk mengumpulkan sejumlah besar pasukan di perbatasan Ukraina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)