3 Mata-mata Rusia Ditangkap di Inggris

Rabu, 16 Agustus 2023 - 00:11 WIB
loading...
3 Mata-mata Rusia Ditangkap di Inggris
Inggris menangkap agen spionase yang bekerja untuk Rusia. Foto/BBC
A A A
LONDON - Polisi Inggris menangkap dua pria dan seorang wanita dengan pelanggaran dokumen identitas dan menuduh mereka adalah menjadi agenda rahasia dan mata-mata untuk Rusia. Insiden itu meningkatkan ketegangan hubungan antara Inggris dan Rusia di tengah ekskalasi ketegangan perang Rusia-Ukraina.

Melansir BBC, para agen rahasia itu adalah warga negara Bulgaria, yang diduga bekerja untuk dinas keamanan Rusia. Mereka telah ditahan sebagai bagian dari penyelidikan keamanan nasional besar.

Polisi Metropolitan London mengkonfirmasi lima orang telah ditangkap oleh petugas kontra-terorisme pada bulan Februari berdasarkan Undang-Undang Rahasia Resmi dan tiga orang sejak itu didakwa memiliki dokumen identitas palsu dengan maksud yang tidak benar.

Sebuah pernyataan polisi menyebut mereka sebagai Orlin Roussev, 45, Biser Dzambazov, 42, dan Katrin Ivanova, 31. Mereka muncul di Pengadilan Old Bailey London pada bulan Juli dan ditahan hingga waktu yang akan datang.

Polisi menolak berkomentar apakah mereka dicurigai sebagai mata-mata Rusia.



Roussev memiliki sejarah urusan bisnis di Rusia. Dia pindah ke Inggris pada tahun 2009 dan menghabiskan tiga tahun bekerja dalam peran teknis di bidang jasa keuangan.

Profil LinkedIn daringnya menyatakan bahwa dia kemudian memiliki bisnis yang terlibat dalam intelijen sinyal, yang melibatkan penyadapan komunikasi atau sinyal elektronik.

Roussev, yang alamat terbarunya adalah wisma tepi laut di Great Yarmouth, juga menyatakan bahwa dia pernah bertindak sebagai penasihat kementerian energi Bulgaria.

Kemudian, di Harrow, mantan tetangga menggambarkan Dzhambazov dan Ivanova sebagai pasangan. Dzhambazov digambarkan sebagai sopir rumah sakit, dan Ivanova menggambarkan dirinya di profil LinkedIn online-nya sebagai asisten laboratorium untuk bisnis kesehatan swasta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)