Kenang 32 Tahun Gempa Dahsyat, Mexico City Diguncang Gempa 7,1 SR

Rabu, 20 September 2017 - 03:33 WIB
Kenang 32 Tahun Gempa Dahsyat, Mexico City Diguncang Gempa 7,1 SR
Kenang 32 Tahun Gempa Dahsyat, Mexico City Diguncang Gempa 7,1 SR
A A A
MEXICO CITY - Gempa bumi berkekuatan 7,1 skala richter (SR) mengguncang Mexico City, pada Selasa waktu setempat atau Rabu (20/9/2017) WIB. Gempa yang menghentak banyak bangunan dan menyebabkan beberapa orang tewas ini terjadi saat peringatan 32 tahun gempa yang menyebabkan kerusakan besar di Ibu Kota Meksiko tersebut.

Pada tahun 1985 atau 32 tahun silam, Mexico City mengalami kerusakan parah akibat gempa 8,1 SR. Kala itu, ribuan orang tewas dan banyak bangunan hancur.

Gempa yang melanda Mexico City pada hari ini tercatat Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) berkekuatan 7,1 SR. Bencana ini terjadi di wilayah 5 mil (8km) sebelah tenggara Atencingo, di negara bagian Puebla dengan pusat gempa di kedalaman 32 mil (51km).

Versi badan seismologi Meksiko, kekuatan gempa tercatat 6,8 SR. Menurut laporan AP, gambar-gambar yang disiarkan stasiun televisi lokal menunjukkan beberapa bangunan runtuh dan jalan-jalan dipenuhi puing-puing bangunan.

Gempa yang kuat ini memicu ribuan pekerja kantor berlarian ke jalanan. Otoritas Meksiko belum mengonfirmasi tingkat kerusakannya.

Melansir laporan Reuters, banyak warga saling berpelukan di sepanjang area Reforma Avenue, Mexico City, saat alarm berbunyi. Gempa juga memicu kemacetan lalu lintas di kawasan monumen Angel of Independence.

Edith Lopez, seorang pedagang kios pasar berusia 25 tahun, mengatakan kepada wartawan bahwa dia berada di dalam sebuah taksi ketika gempa tersebut terjadi. Lopez mengaku melihat kaca jendela bangunan seperti tertiup.

Dia cemas saat mencoba menemui anak-anaknya, yang dia tinggalkan untuk merawat ibu tirinya.

Sementara itu, video-video yang diunggah di Twitter menunjukkan bahwa pekerja kantor bergegas keluar dari gedung mereka karena ada guncangan keras. Beberapa dari mereka mencari perlindungan di bawah meja, dengan pemandangan lampu dan komputer berserakan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7221 seconds (0.1#10.140)