TV Suriah: Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Tewas di Raqqa

Senin, 12 Juni 2017 - 09:46 WIB
TV Suriah: Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Tewas di Raqqa
TV Suriah: Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi Tewas di Raqqa
A A A
DAMASKUS - Pemimpin Islamic State (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi dilaporkan tewas di Raqqa, Suriah, akibat serangan pasukan pimpinan Kurdi yang dipersenjatai Amerika Serikat (AS). Laporan itu muncul dari stasiun televisi (TV) pemerintah Suriah.

Serangan mematikan di Raqqa terjadi Sabtu pekan lalu. Menurut stasiun TV pemerintah Suriah, Baghdadi, teroris paling dicari di dunia terbunuh pada hari Sabtu oleh serangan artileri berat pasukan Kurdi terhadap terhadap Raqqa, ibukota de facto ISIS.

Meski demikian, laporan media Damaskus itu belum bisa diverifikasi. Media propaganda ISIS, Amaq, hingga hari ini (12/6/2017), juga belum mengonfirmasi laporan tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Baghdadi dilaporkan tewas. Dia jadi buron utama banyak negara. AS bahkan menawarkan hadiah USD25 juta bagi siapa pun yang memberikan informasi yang mengarah pada penangkapannnya.

Media independen Suriah, Raqqa24, melaporkan serangan di Raqqa pada Sabtu pekan lalu juga menewaskan tujuh warga sipil. Namun, media ini tak menyebut pemimpin ISIS ikut tewas dalam serangan.

Pada bulan Maret, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson berjanji untuk membunuh al-Baghdadi. Dia mengeluarkan ancaman terhadap pentolan ISIS itu dengan mengatakan bahwa wakilnya telah dilenyapkan.”Hanya masalah waktu sebelum Baghdadi memenuhi nasib yang sama,” kata Tillerson.

Pada bulan Februari 2017, setidaknya 13 komandan ISIS tewas dalam serangan udara di Irak barat yang menargetkan sebuah rumah yang diyakini jadi pertemuan antara Baghdadi dengan para militan lain. Saat itu, media Irak dan Barat mengklaim Baghdadi tewas, namun klaim itu belum bisa dibuktikan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6888 seconds (0.1#10.140)