Jet-jet Tempur Jepang Kuntit 13 Pesawat Militer China

Jum'at, 03 Maret 2017 - 13:41 WIB
Jet-jet Tempur Jepang Kuntit 13 Pesawat Militer China
Jet-jet Tempur Jepang Kuntit 13 Pesawat Militer China
A A A
TOKYO - Angkatan Udara Jepang mengerahkan pesawat-pesawat jet tempur untuk menguntit 13 pesawat tempur militer China yang melintas di dekat Okinawa. China mengklaim aksi 13 pesawat tempur militernya hanya sebagai latihan rutin.

Okinawa merupakan wilayah yang menjadi pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Jepang. Kementerian Pertahanan Jepang telah mengonfirmasi pengerahan pesawat-pesawat jet tempur yang berlangsung pada Kamis, kemarin.

Kementerian itu, seperti dikutip Nikkei, Jumat (3/3/2017), tidak ada pelanggaran wilayah udara yang dilakukan belasan pesawat tempur China.

Ke-13 pesawat militer China yang melintas di dekat Okinawa itu termasuk pesawat jet tempur, pesawat pengebom, dan pesawat peringatan dini. Belasan pesawat China melewati Selat Miyako, selat yang memisahkan Okinawa dengan Kepulauan Miyako.

Selat Miyako merupakan salah satu dari beberapa jalur di mana China dapat mengirim pesawat tempur ke Pasifik barat melalui wilayah udara internasional.

Sementara itu, militer China seperti dilaporkan kantor berita Xinhua mengatakan bahwa penyebaran belasan pesawat militer pada Kamis kemarin merupakan bagian dari latihan bersama Angkatan Udara dan Angkatan Laut China di Laut Filipina.

”Latihan ini merupakan bagian dari rencana tahunan untuk angkatan laut, tidak ditujukan atau ditargetkan pada negara tertentu, dan sesuai dengan hukum dan norma-norma internasional yang relevan,” bunyi pernyataan militer China.

Pada Desember tahun lalu, ketika sama-sama latihan militer, pesawat-pesawat tempur Jepang dan China bertemu dalam jarak yang dekat. Kejadian itu memicu ketegangan diplomatik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6779 seconds (0.1#10.140)