Rumania Bantah Terima Senjata Nuklir AS

Jum'at, 19 Agustus 2016 - 02:10 WIB
Rumania Bantah Terima Senjata Nuklir AS
Rumania Bantah Terima Senjata Nuklir AS
A A A
BUKARES - Kementerian Luar Negeri Rumania membantah pemindahaan dugaan senjata nuklir Amerika Serikat (AS) yang sebelummya ditempatkan di Turki. AS kabarnya akan memindahkan senjata nuklir yang berada di Turki ke pangkalan udara Deveselu di Rumania.

"Kementerian Luar Negeri dengan tegas menolak informasi setengah-setengah ini," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Rumania seperti dikutip dari laman Xinhua, Jumat (19/8/2016).

EurActiv.com, mengutip dua sumber independen anonim, melaporkan bahwa AS telah mulai mentransfer senjata nuklir yang ditempatkan di Turki ke Rumania. Keputusan ini dilatar belakangi memburuknya hubungan antara Washington dan Ankara.

Menurut sumber itu, pemindahan 20+ nuklir telah menyentuh hal teknis dan politik. Hubungan AS-Turki memburuk pasca kudeta dimana Washington tidak lagi mempercayai Ankara untuk menjadi tempat penyimpanan senjatanya.

Salah satu sumber mengatakan senjata-senjata itu akan dipindahkan ke pangkalan udara Deveselu, berdekatan dengan situs pertahanan rudal balistik yang baru dibuka di Rumania selatan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6015 seconds (0.1#10.140)