Bersitegang dengan China, Jepang Bakal Sebar Rudal

Minggu, 14 Agustus 2016 - 14:43 WIB
Bersitegang dengan China, Jepang Bakal Sebar Rudal
Bersitegang dengan China, Jepang Bakal Sebar Rudal
A A A
TOKYO - Media Jepang menurunkan laporan bahwa Tokyo berencana untuk menyabarkan rudal, yang kabarnya akan memiliki jangkauan 300 km, di pulau-pulau terpencil di Selatan. Demikian laporan yang diturunkan koran terlaris Yomiuri Shimbun tanpa mengutip sebuah sumber.

Dalam laporannya, Yomiuri menyatakan jangkauan tersebut akan mencakup gugusan pulau yang disengketakan sembari menambahkan bahwa penyebaran rudal itu diharapkan selesai pada 2023.

"Mengingat tindakan China yang berulang kali memprovokasi sekitar kepulauan Senkaku, Jepang berencana untuk meningkatkan pencegahan dengan mengembangkan kemampuan serangan jarak jauh," laporan media itu seperti disitat dari The Guardian, Minggu (14/8/2016).

Yomiuri menyatakan bahwa rudal tersebut akan dikembangkan sendiri oleh Jepang dan akan menggunakan bahan bakar padat. Pengembangan ini mengacu pada teknologi yang memungkinkan untuk penyimpanan senjata jangka panjang dan kapasitas yang akan diluncurkan dalam waktu singkat.

Laporan ini muncul setelah sebelumnya Jepang mengajukan protes atas keberadaan kapal-kapal China di wilayah perairan dekat pulau-pulau Senkaku. Sebelumnya, pada bulan Juni lalu, Jepang juga mengajukan protes setelah sebuah kapal angkatan laut China berlayar dekat dengan wilayah perairan kepulauan untuk pertama kalinya.

China dan Jepang terlibat ketegangan terkait sengketa di atas pulau-pulau tak berpenghuni yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China di Laut China Timur. Tensi semakin tinggi setelah pengadilan arbitrasie internasional memutus sengketa Laut China Selatan yang memutuskan China tidak punya hak sejarah atas kawasan kaya sumber daya itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5814 seconds (0.1#10.140)