Fenomena Aneh, Dua Matahari Muncul di Langit Kolombia

Kamis, 11 Agustus 2016 - 00:30 WIB
Fenomena Aneh, Dua Matahari Muncul di Langit Kolombia
Fenomena Aneh, Dua Matahari Muncul di Langit Kolombia
A A A
BOGOTA - Sebuah fenomena aneh terjadi di langit Desa El Guamo, di Kolombia, di mana matahari tampak ada dua. Warga desa mengabadikan fenomena ini dengan merekamnya.

Para warga juga ramai-ramai menyaksikan penampakan “dua matahari” itu. Sebagian warga yang berusia lanjut melindungi mata mereka dari cahaya matahari karena khawatir berefek buru saat menyaksikan pemandangan unik tersebut.

Pablo Zapata, warga Desa El Guamo, merupakan orang yang merekam penampakan “dua matahari” di desanya. Dalam rekaman video, matahari memang tampak ada dua, di mana yang berada di sebelah kiri lebih besar ketimbang yang ada di sebelah kanan.

”Itu terakhir Jumat pagi, kami melihat fenomena ini, kami melihat dua hal yang terang di langit, seperti dua matahari,” kata Zapata.

Zapata melanjutkan, orang lain juga telah melihat penampakan ”dua matahari” di kota terdekat dari San Juan Nepomuceno, tepat di sebelah selatan Ibu Kota Kolombia, Bogota.

“Ini berlangsung hingga pukul 09.00 atau 10.00 pagi, dan itu sedang mendung. Itu tampak lebih seperti ‘halo’ di sekitar matahari,” lanjut Zapata, seperti dikutip dari Mirror, Rabu (10/8/2016).

Fenomena penampakan matahari lebih dari satu bukan pertama kali terjadi. Pada bulan Maret lalu, juga terjadi penampakan “tiga matahari” di langit Kota Kazan, Rusia.

Namun, penampakan “tiga matahari” di Rusia ini diyakini sebagai ilusi optik akibat pantulan dari kristal es ke lapisan atmosfer di Kota Kazan.

Fenomena penampakan “tiga matahari” itu biasa disebut sebagai ilusi “sundog”. Pemandangan ini juga diabadikan warga dalam sebuah rekaman video.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4569 seconds (0.1#10.140)